Kenali Mocaf, Alternatif Pengganti Terigu Hasil Warga Tala

waktu baca 2 menit
Jumat, 20 Okt 2023 09:52 0 225 Bambang Setiawan

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tanah Laut (Tala) melakukan demonstrasi penggunaan Modified Cassava Flour alias Mocaf sebagai alternatif pengganti tepung terigu terhadap pengolahan kudapan hasil dari warga Tala.

Demonstrasi tersebut dilakukan dihadapan Ibu-ibu PKK perwakilan setiap kecamatan pada kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan Kudapan Berbasis Sumber Daya Pangan Lokal di Aula UPT BLK Pelaihari, Kamis (19/10/2023).

Kepala DKPP Tala melalui Kepala Bidang (Kabid) Konsumsi dan Keamanan Pangan, Dila Arisanti mengatakan, pengenalan Mocaf ini sebagai upaya menekan pertumbuhan impor gandum yang memang menjadi bahan utama dari tepung terigu. Sehingga, perlu adanya upaya substitusi tepung terigu dengan tepung yang berasal dari bahan pangan lokal.

“Mocaf ini karakteristiknya menyerupai tepung terigu. Dibuat melalui proses fermentasi, mempunyai tekstur yang lebih halus dan produk olahannya lebih mekar, serta tidak berbau ubi kayu yang memang menjadi bahan utama dari Mocaf ini,” ujar Dila.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Ia berharap, pelatihan ini mampu mengangkat kembali berbagai potensi bahan pangan lokal untuk diolah menjadi makanan dan dikembangkan oleh masyarakat di Tala.

“Semoga ibu-ibu PKK mampu membuat olahan tepung mocaf hingga turunannya seperti mengembangkan usaha olahan pangan kudapan berbahan dasar tepung Mocaf,” imbuhnya.

Pada pelatihan ini, DKPP melibatkan instruktur dari UPT BLK Pelaihari, Budi Susilawati. Dalam paparannya, Susi menjelaskan, penggunaan Mocaf ini diharapkan terus berkesinambungan.

“Ibu-ibu PKK diharapkan dapat terbiasa menggunakan tepung mocaf ini dalam mengolah kudapan,” ucapnya.

Susi menekankan, penggunaan tepung berbahan dasar singkong tersebut diharapkan terus berkelanjutan.

“Ibu PKK itu kan biasanya ada lomba kudapan. Gunakan tepung ini bukan hanya sekedar untuk perlombaan, tetapi untuk menanamkan pola hidup sehat,” pungkasnya. (Diskominfo Tala/BS/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA