Kenakalan Remaja di Banjarmasin: Pengamat Pinta Pengamanan Diperketat, Perlu Efek Jera!

waktu baca 2 menit
Minggu, 29 Okt 2023 13:07 0 199 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Maraknya aksi penyerangan remaja dengan menggunakan senjata tajam (sajam) yang membuat sejumlah warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) diduga terluka turut menjadi sorotan Pengamat Sosiolog, Reja Fahlevi.

Dosen Program Studi (Prodi) PPKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) itu meminta agar pengamanan diperketat.

“Makanya dari pihak dari kepolisian, khususnya dalam ranah untuk keamanan di masyarakat tidak mengendorkan pengawasan,” ujarnya kepada pojokbanua.com, Sabtu (28/10/2023) kemarin.

Tak hanya pengamanan, penting pula untuk dilakukan razia secara rutin pada sekelompok remaja yang berkumpul di malam hari. “Pengawasan di jalanan, razia pada remaja yang berkumpul dini hari,” lanjutnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Adapun, fenomena kenakalan itu disebut merupakan pencarian eksistensi diri. Hanya saja, para remaja tersebut perlu diberikan perhatian khusus dari sejumlah pihak.

Selain itu, peran orang tua juga sangat penting sebagai pendukung. Di antaranya, dengan tidak mengizinkan atau melarang anaknya keluar hingga larut malam.

“Baik itu, ada keperluan yang memang harus dilakukan,” imbuhnya.

Terlebih, untuk mengatur pola dan tingkah laku si anak yang statusnya masih seorang pelajar. Di mana, kejadian penyerangan ini sudah dianggap membahayakan, maka diperlukan adanya sanksi atau efek jera yang diberikan.

“Tidak hanya sanksi sosial dari masyarakat, juga ada sanksi hukum yang tegas. Sanksi tersebut nanti akan menjadi contoh yang dapat dilihat dan enggan untuk ditiru,” tutupnya. (KN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA