Kelurahan Bersinar Diklaim Kurangi Penyalahgunaan Narkotika di Banjarbaru

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Des 2023 07:00 0 141 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Keberadaan Kelurahan Bersih dari Narkotika (Bersinar) yang telah dicanangkan di Banjarbaru, diklaim mengurangi penyalahgunaan narkotika. Hal ini dikarenakan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mengawasi pergerakan penyalahgunaan narkotika yang tinggi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Banjarbaru, AKBP Arif Wahyu Bibitharta, di sela pencanangan Kelurahan Bersinar di Kantor Kelurahan Syamsudin Noor, Jumat (15/12/2023) siang.

“Jadi dengan adanya Kelurahan Bersinar, penyalahgunaan narkotika khususnya di kelurahan ini sangat berkurang. Dulu (penyalahgunaan) meningkat, (sekarang) karena semua warga masyarakat terutama pemerintah, kelurahan dan tokoh masyarakat turut mengawasi,” ujarnya.

Dengan penerapan Kelurahan Bersinar, keterlibatan seluruh lapisan masyarakat membuat pergerakan baik bandar maupun pengedar menjadi tidak leluasa. Sehingga, Arif mengklaim, mereka enggan untuk mengedarkan narkotika di kelurahan ini.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Kita menekan (penyalahgunaan), kalau kita tujuannya dengan Badan Kesbangpol itu, Kelurahan Bersinar itu bersih dan kalau bisa nol,” bebernya.

Tak hanya Kelurahan Syamsudin Noor, tiga kelurahan lainnya yakni Kelurahan Loktabat Utara, Kelurahan Sungai Besar dan Kelurahan Landasan Ulin Tengah juga dicanangkan sebagai Kelurahan Bersinar. Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin menuturkan bahwa Kampung Bersinar dijadikan sebagai percontohan kelurahan bersih dari narkoba.

“Bagaimana cara kita membuat dan bekerjasama dengan elemen masyarakat, agar penerapan Kelurahan Bersinar bisa dilaksanakan, baik melalui edukasi, sosialisasi serta melaksanakan pengawasan. Ini baru pencanangan bukan perwujudan,” tutur Aditya.

Pemko Banjarbaru sendiri, berkeinginan menekan penyalahgunaan narkotika. Salah satunya dengan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan di masyarakat, melalui Kelurahan Bersinar.

“Kita luncurkan (Kelurahan Bersinar) ini, kita harapkan kolaborasi dengan pemerintah dan BNN bisa terlaksana untuk mewujudkan Kelurahan Bersinar,” lugas Aditya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Banjarbaru, Rizana Mirza menambahkan, sejauh ini sudah ada 10 kelurahan di Banjarbaru yang dicanangkan sebagai Kelurahan Bersinar. Di mana, dua kelurahan di antaranya didukung oleh BNN Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rizana menjelaskan, dalam penetapan Kelurahan Bersinar ada kajian-kajian tertentu. Seperti kajian kasus dan potensi-potensi di tempat tersebut.

“Kami berkolaborasi melibatkan seluruh masyarakat, walau segala potensi itu ada karena tidak mungkin bersih sama sekali. Kita bersihkan potensi yang ada dan kita libatkan seluruh pemangku kepentingan,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA