iklan di pojokbanua

Kasus Pembuangan Bayi di Banjarbaru, Psikolog; Pertanda Menurunnya Moral dan Spiritualitas

waktu baca 2 menit
Kamis, 27 Apr 2023 19:23 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kasus pembuangan bayi yang marak dalam kurun waktu enam bulan terakhir, menjadi perhatian serius bagi psikolog yang juga akademisi Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, Rika Vira Zwagery.

IMG-20240616-WA0002

Kepada pojokbanua.com pada Kamis (27/4/2023) sore, Rika menuturkan bahwa maraknya kasus pembuangan bayi di Kota Idaman, menunjukkan bahwa terjadi penurunan moral dan spiritualitas.

“Banyaknya informasi kasus (pembuangan bayi) seperti ini, karena penurunan moral itu semakin banyak. Bisa jadi, karena efek dari media sosial serta kurangnya spiritualitas yang membuat orang membuang anak,” ucapnya.

Tak hanya itu, Rika juga menyoroti pembuangan bayi sebagai perbuatan tidak bertanggungjawab terhadap perbuatan yang dilakukan. Seharusnya, sebelum melakukan suatu perbuatan, harus siap menghadapi konsekuensinya.

“Bagi mereka yang membuang, artinya tidak mau menerima konsekuensi yang telah mereka lakukan,” imbuhnya.

“Kalaupun anak yang dibuang ini merupakan hasil dari pasangan menikah yang sah, artinya bisa jadi pasangan ini tidak siap menjadi orang tua. Sejatinya jika mereka menikah, harus siap secara fisik, materi dan psikologis sebelum memiliki keturunan,” jelas Rika.

Tak hanya itu, dirinya mengingatkan dampak psikologis bagi bayi yang ditelantarkan. Pertama, adanya perasaan tidak diterima oleh orang tua sehingga kelak anak akan merasa rendah diri atau bahkan menarik diri dari lingkungan sosial.

Kedua, anak akan kehilangan kasih sayang, perhatian dan cinta yang harusnya didapat sang bayi dari orang tuanya, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang sang anak. Padahal, anak-anak pada usia dini membutuhkan asih, asah, dan asuh dari orang tuanya.

“Pada kasus tertentu, dapat menimbulkan trauma pada anak,” tuntas Rika. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA