iklan di pojokbanua

Kasus Dugaan Pembuangan Bayi di Banjarbaru; Dua Dirawat di RS, Satu Dititipkan di Panti Sosial

waktu baca 2 menit
Rabu, 26 Apr 2023 13:18 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kasus dugaan pembuangan bayi di Banjarbaru cukup marak terjadi dalam enam bulan terakhir. Tercatat ada empat bayi yang ditemukan masyarakat dalam kurun waktu tersebut.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPMP2A) Banjarbaru, Sri Lailana menerangkan, dua bayi masih dalam perawatan intensif di dua rumah sakit (RS) berbeda.

“Bayi yang ditemukan saat Lebaran kemarin, masih dirawat di RSD Idaman Banjarbaru. Kemudian bayi yang ditemukan di Kelurahan Guntung Manggis dengan berat 1,3 kilogram itu, dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin, karena lahirnya prematur,” ucapnya kepada pojokbanua.com, Rabu (26/4/2023) pagi.

Dirinya menerangkan, usai ditemukan, bayi prematur yang ditemukan di Kelurahan Guntung Manggis ini langsung dirujuk ke RSUD Ulin. Saat ini, berdasarkan informasi dari dokter di RSD Idaman, bayi prematur mengalami peningkatan berat badan mencapai 1,7 kilogram.

Sementara itu, satu bayi yang ditemukan di Kelurahan Kemuning pada awal Desember 2022 lalu, dirawat oleh ibu kandungnya usai diputus oleh pengadilan beberapa waktu lalu. Terakhir, bayi yang ditemukan di Kelurahan Palam pada akhir November 2022 silam, telah dititipkan ke Panti Sosial Anak dan Remaja di Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Karena Dinsos sendiri belum menetapkan status bayi ini sebagai anak yang terlantar,” ungkapnya.

Informasi yang didapat DP2KBPMP2A Banjarbaru, banyak calon orang tua yang berniat untuk mengadopsi bayi yang diduga dibuang ini. Kendati diakui Sri, proses untuk mengadopsi bayi ini cukup panjang dan tak mudah.

“Harus (melalui) sidang di pengadilan. Sementara di pengadilan meminta salah satu syarat yaitu harus ada surat keterangan dari keluarga, dan kita tak mengetahui keluarga (bayi) di mana,” tuturnya.

DP2KBPMP2A Banjarbaru sendiri memastikan ada perlindungan pada para bayi yang diduga dibuang ini. Tentunya, usai dua di antara para bayi ini telah menjalani perawatan di RS.

“Kalau dua bayi ini dinyatakan sehat dan belum ada (orang tua kandung), kita sudah bekerja sama dengan Pemprov Kalsel, akan kita titipkan di Panti Sosial di Dinsos Kalsel. Karena (perawatan bayi) ditanggung negara, kalau di sini ditanggung Pemprov Kalsel,” tuntas Sri. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA