iklan di pojokbanua

Kampanye Gerakan Tanpa Plastik Sampai ke Kaki Pegunungan Meratus

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Nov 2023 14:17 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Yayasan Bumi Kita Fantastik alias Mudfish No Plastic kampanyekan gerakan tanpa plastik ke SMP 25 Satu Atap (Satap), Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (22/11/2023).

Kampanye itu merupakan program HST No Plastik kolaborasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST dengan yayasan tersebut dalam upaya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai, termasuk hingga ke kaki Pegunungan Meratus.

Co-Founder Mudfish, Mora Prima Siregar mengatakan kampanye ini demi mengurangi penggunaan plastik. Tak hanya di wilayah perkotaan, namun sampai ke pegunungan dengan fokus edukasi.

“Polusi plastik dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker payu dara, asma, pubertas, obesitas, diabetes dan berbagai penyakit lainnya yang harus dicegah sejak dini,” ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Mora menambahkan, kampanye ini menjadi penting karena pihaknya masih menemukan warga yang membakar dan membuang sampah plastik ke sungai. Padahal, sungai tersebut juga turut dipakai masyarakat untuk aktivitas mandi cuci kakus (MCK).

Lebih dari itu, pihaknya juga turut membagikan botol minum mudfish, pembalut kain, serta tas dari anyaman untuk memotivasi mereka dalam membiasakan penggunaan barang dalam berbagai aktivitas yang lebih ramah lingkungan.

Sementara itu, aktivis lingkungan HST, Kosim mengapresiasi gerakan Yayasan Mudfish dan Pemkab HST yang diwakili Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) telah memberikan edukasi dan motivasi kepada para siswa di Hinas Kiri.

“Kami sangat mengapresiasi program HST No Plastik ini, karena mereka adalah generasi penerus warga di Hinas Kiri yang memang perlu terus diedukasi,” katanya.

Menurut Kosim, sumber daya manusia (SDM) di wilayah Pegunungan Meratus masih di bawah rata-rata. Untuk itu, ia meminta lebih dimasifkan lagi edukasi kepada anak-anak di Pegunungan Meratus.

Dalam rangkaian kegiatan itu, turut ditampilkan dua tarian kreasi dengan nuansa Dayak Meratus dari siswa SMP 25 Satap, pembacaan puisi dengan tema Pegunungan Meratus. Hingga simbolis penanaman pohon oleh perwakilan dari Mudfish sebagai investasi oksigen untuk masa depan. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA