Kalsel Dinobatkan sebagai Provinsi Terbaik Klaster Logistik Penanggulangan Bencana

waktu baca 2 menit
Senin, 16 Okt 2023 09:56 0 173 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, KENDARI – Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) memberi anugerah penghargaan. Kalimantan Selatan (Kalsel) dinobatkan sebagai provinsi terbaik tingkat nasional di bidang klaster logistik penanggulangan bencana.

“Alhamdulillah, berkat inisiasi Gubernur Kalsel (Sahbirin Noor) Paman Birin, bertepatan pada peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Sulawesi Tenggara kemarin. Kalsel dinobatkan sebagai provinsi terbaik nasional sebagai penginisiasi pembentukan klaster logistik penanggulangan bencana,” terang Kepala BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah, Minggu (15/10/2023).

Ia menjelaskan, keberadaan klaster logistik penanggulangan bencana di tingkat daerah sangat penting. Selain  untuk memudahkan koordinasi dan kolaborasi antar stakeholder dan masyarakat, juga upaya percepatan penanggulangan bencana.

“Klaster logistik penanggulangan bencana di Kalsel juga dilengkapi dengan kekuatan payung hukum berupa SK Gubernur tentang Pembentukan Klaster Logistik Penanggulangan Bencana,” tuturnya.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Berdasarkan siaran pers BNPB melalui Direktorat Optimasi Jaringan Logistik dan Peralatan, tugas dan fungsi masing-masing stakeholder yang masuk dalam keanggotaan klaster itu melaksanakan peran dan tanggung jawabnya.

Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Dr. Lilik Kurniawan mengatakan, penanganan bencana perlu sejalan dengan logistik dan peralatan yang memadai. Memperbaiki tata kelola logistik dan peralatan merupakan hal sangat penting.

“Berdasarkan data WFP, 73 persen urusan penanganan darurat selesai apabila logistik dan peralatannya terpenuhi,” bebernya.

Kendati demikian, tidak cukup logistik saja, perlu adanya sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelolanya. Sehingga, kita perlu memperkuat tata kelola ini menjadi lebih baik. (adpim/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA