iklan di pojokbanua

Jumlah ODGJ di HST Meningkat, Begini Langkah Dinsos

waktu baca 2 menit
Selasa, 21 Mei 2024 19:28 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Hulu Sungai Tengah (HST) mengalami peningkatan pada tahun 2024 ini.

Hal itu diketahui berdasarkan data Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPKB PPPA) HST yang telah melakukan serangkaian pendataan.

Kepala Dinsos PPKB PPPA HST, Syahbidin mengatakan pihaknya mencatat ada sebanyak 530 ODGJ pada tahun 2024 ini. Sedangkan tahun 2023 tadi tercatat sebanyak 516 ODGJ.

“Cukup meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya, Selasa (21/5/2024).

Ia mengatakan, rangkaian pendataan ini telah dilakukan sejak awal Januari lalu. Pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kecamatan untuk menyurati desa-desa agar mendata jumlah ODGJ di wilayahnya masing-masing.

“Spesifikasi orang yang memiliki gangguan secara kejiwaannya adalah tidak bisa mengurus diri sendiri dan membahayakan orang lain,” katanya.

Syahbidin mengakui, saat ini belum ada tenaga khusus penanganan ODGJ yang membahayakan. Namun, untuk keperluan penanganan tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Satpol PP setempat.

“Jika sudah diamankan, ODGJ yang membahayakan akan dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) dan dilakukan identifikasi lebih lanjut,” terangnya.

Kemudian, apabila memang ODGJ tersebut ada keluarganya, maka akan dihubungi pihak keluarga. Namun jika tidak ada keluarganya, pihaknya tetap mencoba proses identifikasi lebih lanjut untuk dilakukan upaya penanganan.

Di samping itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat apabila melihat ODGJ yang membahayakan silahkan hubungi pihak berwenang, baik ke Dinsos, Satpol PP atau kepolisian. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA