Jelang Akhir Tahun, Tiga Proyek Strategis di Banjarbaru Disebut Belum Rampung

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Nov 2023 11:57 0 233 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Tiga proyek strategis yang dikerjakan Pemko Banjarbaru terus bergulir. Ketiganya yaitu pekerjaan trotoar di Jalan Panglima Batur, Tugu Nol Kilometer dan Embung Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka.

Namun, ketiga proyek ini masih belum rampung. Padahal tiga proyek ini harus selesai dikerjakan jelang akhir tahun 2023.

Hal ini pun mendapat sorotan DPRD Banjarbaru, yang melakukan sidak ke tiga titik proyek strategis ini pada Senin (13/11/2023) siang. Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari pun pesimis ketiga proyek ini rampung tepat waktu.

Ia mencontohkan proyek pekerjaan trotoar di Jalan Panglima Batur. Di mana, sesuai kontrak pekerjaan ini harusnya rampung pada 23 November 2023 mendatang.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Kita lihat di beberapa titik ada pekerjaan tidak rapi, tapi di titik lain masih banyak yang belum dikerjakan. Kita pesimis bisa selesai tepat waktu,” ungkap Emi.

Selain itu, pekerjaan Titik Nol Kilometer Banjarbaru yang disebut oleh Dinas PUPR Banjarbaru sudah mencapai 78 persen, juga dipertanyakan oleh Komisi III.

“78 persen dengan pekerja 3-4 orang, kita sebut mimpi jika rampung di Desember 2023. Ini harus dikomunikasikan PU kepada pihak ketiga,” beber Emi.

Di samping adanya sejumlah penambahan yang tidak dipaparkan sejak awal. Pertama, adanya penambahan tulisan Wabul Sawi dan penambahan 4 unit booth UMKM.

Komisi III khawatir, jika adanya penambahan booth UMKM, berpotensi menambah kekumuhan di lingkungan sekitar Tugu Nol Kilometer Banjarbaru.

Pekerjaan embung di Gunung Kupang pun demikian. Kendati berdasarkan laporan Dinas PUPR Banjarbaru progres pekerjaannya mencapai 62 persen, Komisi III menilai bahwa progresnya tidak mencapai 50 persen.

Emi menyebut, hingga kontrak pekerjaan embung di Gunung Kupang rampung pada 8 Desember 2023, sulit untuk mengejar progres pekerjaan hingga 80 persen.

Lalu, apa masukan Komisi III untuk Dinas PUPR Banjarbaru? “Kita minta untuk Dinas PUPR, pekerjaan-pekerjaan besar itu harus maksimal menghitung waktu pekerjaannya,” tegas Emi.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Banjarbaru, Eka Yuliesda Akbari menuturkan, pihaknya berupaya menyelesaikan tiga proyek strategis ini. Ia mengaku optimis ketiga proyek ini rampung hingga akhir tahun.

“Mudah-mudahan tidak lewat dari tahun anggaran (2023) ini. Mohon doanya supaya rampung tahun ini,” harapnya.

Eka menyebut jajarannya sudah melakukan evaluasi dan masukan kepada kontraktor. Namun, kendala di lapangan diakuinya kerap didapati dari pihak kontraktor.

“Tapi kita terus evaluasi, karena sudah mendekati akhir tahun setiap pekan kita evaluasi,” tuntas Eka. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA