iklan di pojokbanua

Jambore Pepelingasih 2023, Pemuda Kalsel Diajak Jadi Pionir Perubahan Lingkungan

waktu baca 3 menit
Sabtu, 25 Nov 2023 17:04 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hj. Husnul Khatimah secara resmi membuka Jambore Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) dan Temu Organisasi Kepemudaan se-Kalsel tahun 2023 di Citra Mitra City, Banjarbaru, Sabtu (25/11/2023) pagi.

IMG-20240616-WA0002

Pepelingasih merupakan program bentukan Kemenpora RI yang bertujuan, pemberdayaan pemuda Indonesia agar memiliki peran dan kontribusi penting dalam memperbaiki kondisi lingkungan, khususnya dalam hal penanganan sampah yang menjadi persoalan di suatu daerah.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 24 hingga 26 November mendatang. Acara ini mencakup berbagai kegiatan, termasuk edukasi dan seminar dengan berbagai narasumber. Sebanyak 31 peserta hadir sebagai perwakilan dari berbagai organisasi pemuda di seluruh daerah Kalsel.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Hj. Husnul Khatimah, Paman Birin mengucapkan selamat dan sukses kepada Pepelingasih Kalsel atas terselenggaranya Jambore dan Temu Organisasi Kepemudaan se-Kalsel.

“Semoga dengan dilaksanakannya Jambore ini, para pemuda kita yang hadir di sini semakin kompak dan solid dalam mengawal isu-isu lingkungan yang asri dan bersih di Banua tercinta ini,” ujar Paman Birin.

Ia berharap, melalui partisipasi dalam Jambore Pepelingasih ini, wawasan pemuda akan bertambah, pengetahuan semakin luas, terutama hubungan antar pegiat isu lingkungan terus terjalin untuk membawa perubahan nyata bagi peradaban Banua di masa mendatang.

Acara ini dianggap sebagai bentuk nyata dari semangat kebersamaan dan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan. Hadirnya peserta sebagai pionir perubahan, dengan wajah-wajah muda penuh energi dan semangat untuk membawa perubahan.

“Lingkungan asri dan bersih bukan hanya keinginan, melainkan kebutuhan. Kalimantan Selatan dengan kekayaan alamnya memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga kelestarian itu. Pohon-pohon yang tumbuh subur, sungai yang mengalir jernih, dan udara yang bersih adalah hak setiap warga,” tuturnya.

Kata dia, melalui kepedulian terhadap lingkungan, tidak hanya menciptakan warisan bagi generasi mendatang tetapi juga menunjukkan kepada dunia bahwa Kalsel memiliki pemuda-pemudi yang peduli dan bertanggung jawab atas isu-isu lingkungan.

Dalam semangat kebersamaan, semua peserta saling berbagi ide dan inovasi. Pertukaran gagasan dan kerja sama antar organisasi kepemudaan dianggap kunci keberhasilan dalam mengatasi tantangan lingkungan yang begitu kompleks.

“Untuk itu, saya ingin mengajak kepada saudara sekalian untuk tidak hanya menjadi peserta, tetapi juga agen perubahan di komunitas masing-masing. Lakukan tindakan nyata sekecil apapun, untuk merawat lingkungan sekitar kita. Ajak teman-teman, keluarga, dan tetangga untuk bergabung dalam upaya ini. Satu tindakan kecil dari setiap individu dapat menghasilkan dampak besar,” jelasnya.

Dirinya menginginkan, Jambore Pemuda Peduli Lingkungan ini menjadi awal dari perjalanan panjang bersama menuju Kalsel yang lebih hijau, bersih dan berkelanjutan.(Adpim/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA