iklan di pojokbanua

Jalan Akses Bandara jadi Sorotan, DPRD Banjarbaru; Pemko Jangan Hanya Berharap pada Balai Jalan

waktu baca 2 menit
Jumat, 19 Mei 2023 11:50 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Belum adanya kepastian terkait pembangunan jalan baru menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor, sorotan DPRD Banjarbaru.

IMG-20240616-WA0002

Karena, berdasarkan hasil koordinasi Komisi III DPRD Banjarbaru dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XI Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (18/5/2023) lalu, rencana pembangunan itu baru sampai di tahap perencanaan.

“BBPJN XI Kalsel memang sudah merampungkan perencanaan, tapi dari segi penganggaran baru akan dilakukan di tahun depan,” ujar Ketua Komisi III DPRD Banjarbaru, Emi Lasari di Banjarbaru, Jumat (19/5/2023) pagi.

Kondisi itu sendiri, membuat kepastian pembangunan jalan tersebut menjadi tak jelas. Bahkan tidak ada jaminan tahun 2024 proyek itu akan benar-benar terealisasi.

Emi menerangkan, kondisi jalan permukiman di sepanjang Jalan Kasturi, Kelurahan Syamsudin Noor yang selama ini digunakan pengguna jasa transportasi udara menuju terminal bandara, dinilai sudah tidak representatif lagi digunakan sebagai jalan alternatif.

“Selain luas jalannya yang sempit, aspalnya juga sudah ada yang rusak. Sehingga tidak Jalan Kasturi ini tidak representatif lagi untuk jadi akses menuju bandara,” tutur politisi PAN ini.

Ia menginginkan agar permasalahan ini juga harus dapat sorotan dari Pemko Banjarbaru. Dia menekankan agar jangan hanya berharap dari BBPJN Wilayah XI Kalsel untuk membangun jalan akses baru ke Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Menurutnya, Pemko harus memikirkan solusi agar permasalahan ini bisa terselesaikan, misalnya dengan melakukan perbaikan dan pelebaran di jalan. Kendati tak maksimal, namun cara ini merupakan solusi jangka pendek.

“Sambil menunggu kepastian pembangunan jalan baru ini dari Balai Jalan,” tutur Emi.

Karena itulah, dia mengaku, di tahun 2024 nanti permasalahan ini bakal jadi salah satu program pembangunan prioritas di Komisi III. Karena, ia menilai Pemko Banjarbaru masih memiliki tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terkait kemudahan akses.

“Minimal sebelum proyek itu terealisasi, Pemko melakukan pembenahan di Jalan Kasturi. Kalau hanya bertumpu kepada Balai Jalan, kemungkinan besar akan seperti ingin terus kondisinya,” tandas Emi.

Menanggapi hal itu, Kasi Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru, Wahyuni mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan proyek pembangunan jalan akses baru ke bandara tersebut.

Ia menyebut bahwa kegiatan itu sepenuhnya merupakan tanggung jawab BBPJN XI Kalsel dan Dinas PUPR Provinsi Kalsel.

“Ini memang merupakan kewenangan mereka, bahkan dari perencanaannya pun juga masuk dalam rencana tata ruang PUPR Provinsi,” tutupnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA