Jadi Makanan Terbaik, Sejarah Pisang Goreng Ternyata Khas Bangsawan Portugis

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Feb 2023 07:18 0 222 Fikri Noor

POJOKBANUA, JAKARTA – Pisang goreng terpilih menjadi makanan penutup (dessert) terbaik nomor satu versi Taste Atlas. Informasi ini diketahui setelah diunggah di laman media sosialnya pada Rabu (16/2/2023). Bahkan, makanan asli Indonesia ini berhasil mengalahkan kelezatan bomboloni dari Italian dan churros dari Spanyol yang terkenal.

Dalam artikelnya, pisang goreng menjadi posisi pertama salam kategori ‘best deep fried dessert’, di antara 50 makanan yang digoreng lainnya dari seluruh dunia. Di sana tertulis, sederet makanan ini memang bukan yang paling sehat, tapi menjadi yang populer di negara dan budaya masing-masing.

“Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Mereka datang dalam berbagai versi di mana buahnya digoreng di minyak dangkal, tetapi potongan pisang yang lebih sering diiris, dilapisi adonan sebelum digoreng sampai berwarna keemasan,” tulis laman tersebut seperti dikutip dari suara.com, Sabtu (18/2/2023).

Selain banyak jenis lainnya, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda di daerah yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa. Pisang goreng dari Indonesia mendapatkan rating 4.60, disusul oleh Quarkballchen dari Jerman rating 4.50 dan Pastelitos Criollos asal Argentina dengan 4.50.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Sementara dessert Asia lainnya yakni Gulab Jamun asal India menempati peringkat ke 20 dengan rating 4.10. TasteAtlas mengklaim hasil survei tersebut merupakan rekomendasi orang-orang yang memang memiliki kapasitas di bidang kuliner.

Makanan satu ini memang telah akrab dengan lidah orang Indonesia, menjadi salah satu penganan yang bisa dinikmati kapanpun karena cukup mudah ditemui. Selain bisa membuatnya sendiri di rumah, banyak warung-warung juga menjual pisang goreng sebagai menunya, biasanya bersama gorengan lainnya.

Pisang goreng sendiri awalnya diperkenalkan oleh bangsa Portugis, saat mereka datang ke kawasan Melayu pada 1511. Ternyata mereka memiliki kebiasaan menyantap pisang sebagai menu sarapannya. Hal inilah yang mereka bawa saat menjajah Indonesia.

Menariknya, saat itu pisang goreng sebenarnya hanya dikonsumsi oleh bangsawan dan kalangan ningrat. Sehingga kata dia, hanya pribumi yang berasal dari dua kalangan itu yang awalnya bisa mencicipi pisang goreng.

Bangsa Portugis akan menambahkan tepung ke dalam sebuah pisang yang telah dikupas kulitnya, lantas kemudian digorengnya. Sejak saat itulah, pribumi mengadopsi cara masak tersebut, hingga akhirnya membuat kudapan yang sama untuk mereka sajikan pada para tamu. (FN/suara.com)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    Reza Rinaldi
    1 tahun  lalu

    Pisang goreng menjadi salah satu kudapan favorit warga Indonesia. Pisang goreng banyak dijajakan di kaki lima pinggir jalan. Harganya murah sekitar seribu hingga dua ribu rupiah saja.Kini sudah banyak variasi pisang goreng. Selain digoreng tepung, ada yang diberi topping keju, cokelat, saus karamel dll.

    Balas

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA