iklan di pojokbanua

Indeks Kepuasan Masyarakat RSD Idaman Banjarbaru Capai Kategori Baik pada Triwulan Pertama 2024

waktu baca 3 menit
Selasa, 28 Mei 2024 16:28 0 Andy Arfian

POJOKBANUA, BANJARBARU – Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diberikan warga Kota Banjarbaru kepada Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru menunjukkan hasil yang menggembirakan. Pada triwulan pertama tahun 2024, yaitu dari Januari hingga Maret, RSD Idaman berhasil meraih kategori “Baik” dengan skor 80,76 persen.

IMG-20240616-WA0002

Penilaian IKM ini didasarkan pada survei yang melibatkan 108 responden. Survei ini mencakup warga Kota Banjarbaru dan pengunjung rumah sakit yang terkenal di kota tersebut. Dari total responden, terdapat 45 orang laki-laki dan 63 perempuan, dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir, responden terdiri dari 11 orang lulusan Sekolah Dasar (SD), 17 orang lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP), 47 orang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), 7 orang dengan pendidikan diploma, 21 orang dengan gelar sarjana strata 1, dan 5 orang dengan latar pendidikan profesi/S2/S3.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penilaian yang telah diberikan. Masukan dari Sobat Idaman sangat bermanfaat untuk kemajuan RSD Idaman Kota Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Humas RSD Idaman Kota Banjarbaru melalui akun Instagram resmi mereka.

 

Sejarah Singkat RSD Idaman Kota Banjarbaru

 

RSD Idaman Kota Banjarbaru memiliki sejarah panjang dalam pelayanan kesehatan. Berdiri pada tahun 1965 sebagai Usaha Kesehatan Ibu dan Anak (UKIDA) milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, rumah sakit ini awalnya bertujuan untuk melindungi ibu dan anak dari berbagai penyakit menular.

Pada tahun yang sama, UKIDA ditingkatkan menjadi Balai Kesehatan Ibu dan Anak (BKIA). Seiring dengan tingginya respon masyarakat, pada tahun 1971, BKIA dikembangkan menjadi Rumah Sakit Umum tipe D oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan Kepmenkes No. 104/Menkes/SK/I/1995, tertanggal 30 Januari 1995, status rumah sakit ini ditingkatkan menjadi tipe C. Pada tahun 2005, RSD Idaman Banjarbaru terakreditasi dengan 5 pokja, meliputi pelayanan kamar operasi, laboratorium, radiologi, IGD, dan pelayanan medik. Pada tahun 2009, jumlah pokja ditingkatkan menjadi 12, mencakup berbagai aspek pelayanan medis dan manajemen.

 

Fasilitas dan Layanan RSD Idaman Kota Banjarbaru

 

Saat ini, RSD Idaman Kota Banjarbaru memiliki delapan instalasi utama, yaitu instalasi rawat jalan, gawat darurat, rawat inap, bedah sentral, rehabilitasi medik, poli eksekutif, dan hemodialisa. Fasilitas penunjang medis yang tersedia antara lain radiologi, laboratorium, UTDRS, dan farmasi.

Dengan pencapaian IKM yang baik ini, RSD Idaman Kota Banjarbaru terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan dan kesehatan masyarakat. Informasi lebih lanjut mengenai layanan dan fasilitas RSD Idaman dapat diakses melalui situs resmi mereka di [RSD Idaman Kota Banjarbaru](https://rsidaman.banjarbarukota.go.id).

 

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh staf dan manajemen RSD Idaman Kota Banjarbaru untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dukungan dan masukan dari masyarakat sangat penting untuk kemajuan bersama.

Untuk berita terbaru dan informasi lebih lanjut, tetap ikuti akun resmi media sosial RSD Idaman Kota Banjarbaru. (ADV/AY)

 

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA