iklan di pojokbanua

Ikut NYFW 2022, Vivi Zubedi Ingin Sasirangan Dikenal di Indonesia

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Agu 2022 11:08 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjarbaru berkolaborasi dengan Vivi Zubedi Goes to New York Fashion Week (NYFW) 2022.

IMG-20240616-WA0002

Ketua Dekranasda Banjarbaru, Vivi Mar’ie Zubedi terlibat sebagai volunteer designer dari produknya dan mendedikasikan perhelatan akbar ini untuk Dekranasda Banjarbaru.

“Agar Dekranasda Banjarbaru dapat berpartisipasi membawa produk UMKM yang tentunya dengan kualitas yang sudah terjamin,” ujar Vivi di Mess L Banjarbaru, Kamis (25/8/2022) petang.

Menurut Vivi, kesempatan besar seperti ini tidak boleh dilewatkan. Tercatat, ada 10 karya para perajin lokal binaan Dekranasda Banjarbaru yang akan dipamerkan di panggung NYFW.

Dengan koleksi yang diberi judul “NEOCULTURE” mempersembahkan 10 looks dengan mengangkat kain Sasirangan sebagai elemen utamanya. Vivi sendiri, dikenal sebagai designer dengan karya dan desainnya yang sophisticated, quirky juga edgy.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade di industri fashion dan sepak terjangnya di hampir seluruh fashion week Internasional membuat sosoknya tidak hanya sebagai panutan. Namun, juga salah satu modest fashion designer yang diakui dunia.

“Saya terpesona dengan keunikan budaya Banjar, dan terinspirasi semangat para perempuan perajin lokal yang mempunyai visi untuk melestarikan budaya bangsa makanya ingin memajukan industri kerajinan daerah,” imbuhnya.

Melalui perhelatan ini, Vivi berharap Sasirangan bisa lebih dikenal lagi dan sejajar dengan Batik sebagai Wastra Nusantara. “Tidak hanya kain Sasirangan tapi Banjarbaru juga dilirik, dilihat, didengar, tidak usah muluk-muluk di dunia. Paling tidak di negara (Indonesia) kita dulu,” jelasnya.

Sasirangan merupakan kain khas Kalsel yang dikenal dengan keunikan dan tekniknya yang cukup sulit, karena dibutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya.

“Sasirangan bukan hanya sekedar pakaian tapi sesuatu yang indah untuk diceritakan kepada dunia. Dikombinasikan dengan elemen modern ala Vivi Zubedi yang merupakan gabungan fenomena budaya,” tuturnya.

Bertujuan, memberi perspektif baru bagi para pecinta fashion tentang komposisi sempurna akan perpaduan budaya, warna, bahan serta pola yang dibuat dengan hati hasil karya perajin lokal Banjarbaru. (FN/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA