iklan di pojokbanua

Heboh Keaslian Beras Pemerintah di Banjarbaru Dipertanyakan, Lurah dan Camat Angkat Bicara

waktu baca 3 menit
Selasa, 10 Okt 2023 19:06 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Keaslian beras yang dibagikan pemerintah di Banjarbaru melalui Kelurahan Landasan Ulin Timur dipertanyakan warga. Sehingga, lurah hingga camat harus angkat bicara.

Lurah Landasan Ulin Timur, Nina Marlina Daulay memastikan, bahwa beras yang dibagikan di kelurahannya tersebut adalah beras asli. Disinyalir, terjadi kesalahpahaman dari pengunggah video terkait jenis beras.

“Kami tegaskan kalau video yang tersebar itu akibat kesalahpahaman dan ketidaktahuan si pembuat video dengan jenis beras,” ujarnya di hadapan awak media di Kantor Kecamatan Landasan Ulin, Selasa (10/10/2023) siang.

Nina menjelaskan, beras pembagian tersebut memang berbeda jenisnya dengan beras lokal yang biasa dikonsumsi masyarakat Banjar. Di mana, beras yang dibagikan bersifat pulen dan tidak seperti beras biasa yang pera.

“Jadi, wajar jika dikepal nasinya lengket. Beras yang viral ini layak dikonsumsi,” tegas Nina.

Sementara itu, Camat Landasan Ulin, Bambang Supriyanto menambahkan bahwa keaslian beras bantuan pemerintah sudah dibuktikan. Sehingga sudah dipastikan beras tersebut asli.

Bahkan pihaknya sempat melakukan praktik, di mana ada 3 unit rice cooker yang digunakan untuk menguji beras bantuan Bulog dan beras di pasaran. Hasilnya, beras tersebut aman dan layak dikonsumsi.

“Jadi bukan beras yang abal-abal atau beras palsu karena sudah dibuktikan oleh pihak Bulog sendiri bagaimana beras itu palsu atau bukan,” beber Bambang.

Dia sendiri mengimbau masyarakat, apabila melihat atau mendengar terkait beras yang disinyalir tidak asli, dipersilakan melapor ke pihak terkait seperti kelurahan, kecamatan atau langsung ke kepolisian setempat untuk memastikan keasliannya. Serta tidak terburu-buru menyampaikan informasi.

“Kepada seluruh warga, jangan takut untuk memakan beras bantuan dari pemerintah karena beras yang dibagikan bulog ini layak dikonsumsi,“ lugas Bambang.

Untuk diketahui, seorang warga di Landasan Ulin, Banjarbaru sempat mempertanyakan keaslian beras yang dibagikan pemerintah melalui video yang diunggahnya. Lantas, video ini pun viral dan membuat heboh warga Kota Idaman.

Dalam video berdurasi kurang dari dua menit itu, memperlihatkan pengunggah video sedang melemparkan kepalan nasi dari beras pembagian ke lantai dan tidak pecah atau hancur.

Sementara, kepalan nasi dari beras yang dibelinya di pasar, dilemparkan ke lantai kemudian hancur.

“Jadi tidak tahu ini beras apa, dilempar tidak mau hancur. Ini beras pembagian di Landasan Ulin Timur hari Kamis tadi. Kalau beras yang biasa (beli di pasar) dilemparkan ke lantai mau pecah,” tutur pengunggah video.

Dia mengklaim, jika beras beli di pasar, nasinya jika dikepal tidak menyatu dan tidak lengket di tangan. Hal ini berbeda dengan nasi dari beras bantuan pemerintah.

Video tersebut pun telah banyak dibagikan di media sosial (medsos). Sehingga memantik pertanyaan serupa hingga kekhawatiran warga untuk mengkonsumsi beras pembagian dari pemerintah. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA