iklan di pojokbanua

Hasilkan Produk Sasirangan, Pokmas RT Mandiri di Sungai Ulin Bantu Perekonomian Warga

waktu baca 2 menit
Selasa, 23 Jan 2024 12:46 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Produk kain khas Kalimantan Selatan (Kalsel) dihasilkan oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) Permata Sasirangan, di bawah program RT Mandiri yang dicanangkan Pemko Banjarbaru.

IMG-20240616-WA0002

Pokmas yang berlokasi di Kompleks Bukit Permata Indah RT. 11/RW. 03, Kelurahan Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru Utara ini telah menghasilkan berbagai produk sasirangan berupa pakaian. Diketahui, pokmas ini telah dibentuk sejak tahun 2023.

Ketua RT setempat, Muhammad Noor tak menampik tingginya antusiasme warga yang menantikan adanya kegiatan masyarakat melalui pokmas ini. Terlebih, keberadaan pokmas ini turut membantu perekonomian warga.

“Alhamdulillah dengan adanya program (RT Mandiri) dari Pemko Banjarbaru, ibu-ibu yang ada di sini terbantu dari segi tambahan ekonomi,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com di Rumah Produksi Pokmas Permata Sasirangan, Senin (22/1/2024) sore.

Berbicara soal cakupan pasar, Noor mengakui jika permintaan pasar tak hanya datang dari Banjarbaru saja. Melainkan sudah merambah ke provinsi tetangga yakni Kalimantan Tengah (Kalteng).

Lalu, berapa omzet yang didapat warga yang tergabung dalam pokmas ini? “Kalau masih baru-baru ini, satu bulan (keuntungan) bisa sampai Rp3 juta,” beber Noor.

Ia pun mengungkapkan jika Pokmas Permata Sasirangan ini akan memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk. Seperti penambahan ide-ide untuk pengembangan sasirangan.

“Supaya lebih luas lagu pemasarannya dan hasilnya lebih maksimal lagi,” beber Noor.

Sementara itu, Lurah Sungai Ulin, Budiawan Bimantoro Aji bersyukur Pokmas Permata Sasirangan masih aktif melakukan kegiatan. Ia pun membuka peluang untuk membantu pokmas ini agar kualitas produknya berdaya saing di pasaran.

“Insyaallah kita kolaborasi, ke depan kita akan membawa Pokmas Permata Sasirangan ini lebih baik ke depannya,” tuturnya.

Pejabat yang akrab disapa Aji mengakui, Pokmas Permata Sasirangan ini merupakan salah satu pokmas yang berkembang dan masih berjalan. Sehingga, phak kelurahan akan memberikan motivasi sekaligus mengevaluasi pokmas ini.

“Tujuannya menghasilkan produk ygan baik dan berdaya saing,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA