iklan di pojokbanua

Hasil Dugaan Pelanggaran Mayor Teddy Pekan Depan, Kapuspen Sebut Hanya sebagai Ajudan

waktu baca 2 menit
Senin, 18 Des 2023 20:58 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, JAKARTA – Mayor Inf Teddy yang merupakan ajudan pribadi capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tertangkap kamera diduga mengenakan seragam kampanye dan berada pada barisan bagian pendukung ketika debat perdana di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Jakarta, belum lama tadi dan kini menjadi perbincangan publik. Sebab, dirinya yang masih menyandang status TNI aktif.

IMG-20240616-WA0002

Dalam hal ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bakal menelusuri atas dugaan berpotensi pelanggaran pemilu dan hasilnya akan diumumkan pada pekan depan. Aturan ini berkaitan dengan netralitas ASN, TNI/Polri melalui Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan, proses penelusuran di internal tengah berjalan. “Iya makanya harus dikaji dulu, ini sebagai ajudan apakah boleh demikian atau bagaimana akan kita kaji dulu,” ujarnya, Senin (18/12/2023).

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono menegaskan, Mayor Teddy tidak mewakili TNI saat menghadiri debat capres. Sebab, posisi Teddy hanya sebatas ajudan yang melekat kepada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan (Mentan).

“Dia (Teddy) hanya ajudan yang mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi (ajudan melekat ikut kegiatan Menhan),” ungkap Julius kepada awak media.

Menurutnya, Teddy hanya melekat di setiap kegiatan Prabowo Subianto. Berbeda jika dia merupakan prajurit biasa dan bukan ajudan, lalu dengan sadar mendukung salah satu pasangan calon (paslon), serta ikut berkampanye.

“Dan akan salah jika yang gunakan seragam militer saat itu. Seperti saya tulis di atas, kehadirannya tidak mewakili institusi TNI atau pribadi yang ikut berpolitik. Yang bersangkutan hanya memposisikan dirinya sebagai ajudan, tidak lebih,” jelasnya.(KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA