iklan di pojokbanua

Harjad ke-74 Kotabaru, Paman Birin Harap Semakin Maju dan Sejahtera

waktu baca 3 menit
Sabtu, 1 Jun 2024 13:58 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, KOTABARU – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri acara Hari Jadi (Harjad) ke-74 Kabupaten Kotabaru yang dihiasi semarak Expo Saijaan di Lapangan Siring Laut Kotabaru pada Sabtu (1/6/2024) malam.

Tari Mayang Sari sebagai tanda Opening Ceremony Harjad ke-74 Kabupaten Kotabaru, ketiga penari menuju panggung utama untuk menyerahkan sebatang pelepah daun mayang agar ditepukan oleh Paman Birin dan Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar Alaydrus.

Selanjutnya, dilakukannya peresmian Air Mancur Menari SJA oleh Gubernur Paman Birin yang didampingi oleh Bupati Kotabaru bersama jajarannya. Pancaran air keluar berwarna-warni, sorak dari masyarakat pun bergemuruh.

Harjad Kotabaru ke-74 ini mengusung tema Manuntungakan Amanah-Manuju Kotabaru Gemilang (Man-julang). Dalam bahasa Banjar, makna Man-julang sebagaimana merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam sebuah proses yang nampak dan sangat terlihat menonjol ke permukaan.

Dalam sambutan, Paman Birin menyampaikan bahwa peringatan harjad ini sebagai momentum bersama dalam meningkatkan daerah yang maju dan sejahtera, karena memiliki potensi alam yang menjadikan wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Sebagai daerah yang kaya dengan potensi dan kekayaan alam, Paman Birin menyebut memiliki peluang besar untuk menjadi kabupaten yang berkembang dan maju. Namun, menurutnya kemajuan daerah tidak akan berarti jika tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu, momentum dengan Harjad ke-74 Kotabaru, perlu kita maknai sebagai titik tolak menuju Kotabaru yang semakin maju dan semakin sejahtera,” harap Paman Birin di hadapan masyarakat Kota Saijan.

Sesuai dengan tema yang diusung, ia menilai hal itu selaras dengan semangat dalam bersinergi dan kolaborasi yang perlu dibangun kuat dengan pemangku kebijakan. Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, warga Kotabaru diajak untuk terus melakukan gerakan gotong royong dalam membangun daerah.

“Dengan semangat yang tak pernah putus, Insyaallah Kabupaten Kotabaru akan mampu mencapai cita-cita mulia itu,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar menginginkan kemajuan daerah yang dipimpinnya selama 10 tahun belakangan ini. Telah banyak menorehkan prestasi atas pembangunan yang dilakukan.

“1 Juni 2024 sebagai peringatan Harjad Kotabaru ke-74. Telah beranjak tua, maka tema yang diusung adalah Man-julang sebagai makna untuk kita lebih semangat, memotivasi serta menunjukan pencapaian tinggi terhadap visi-misi daerah kita tercinta,” ungkap Sayed.

Selama 10 tahun kepemimpinan, dirinya bersyukur telah melewati fase yang panjang untuk pembangunan Kotabaru. Pada capaian itu, pihaknya tidak mudah puas maka harus ditingkatkan lagi dalam aspek pembangunan daerah.

Bukan hanya pembangunan fisik, Sayed mengatakan perlu juga meningkatkan kualitas SDM di daerah. Banyak hal yang dikembangkan, sehingga nantinya kemajuan dapat bersaing untuk daerah-daerah lainnya.

“Ini memacu kita dalam persaingan ekonomi. Melalui sektor pariwisata dan agrobisnis, baik itu perkebunan, pertanian dan perikanan. Bahkan, sektor unggulan lainnya di Kota Saijan. Kita terus bergerak,” tegasnya.

Dia mendorong, agar masyarakat bergerak maju dalam kebersamaan untuk daerah, tentunya bergotong royong dalam perubahan di Kotabaru. Terakhir, ia berharap kabupaten yang kaya dengan hasil laut ini dapat dimanfaatkan dengan baik. (Adpim Kalsel/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA