iklan di pojokbanua

Hari Listrik Nasional, PLN Apresiasi Juara Innovation for Electrifying Lifestyle

waktu baca 3 menit
Kamis, 27 Okt 2022 20:05 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARBARU – PLN Kalselteng mengapresiasi mahasiswa dan masyarakat umum yang mengikuti kejuaraan Innovation for Electrifying Lifestyle.

IMG-20240616-WA0002

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Gedung Panglima Batur, Kantor Induk PLN UIW Kalselteng, Banjarbaru, Kamis (27/10/22).

Kegiatan yang digelar sejak Juli lalu ini telah melewati babak final, pada pertengahan Oktober 2022. Bahkan, sukses memperoleh antusiasme peserta dalam menyampaikan ide dan gagasan inovasi dalam transisi energi.

Program yang digagas oleh PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) dan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu Kompetisi Inovasi Peralatan Listrik Tepat Guna dan Ide Bisnis berbasis Pemanfaatan Tenaga Listrik.

Total 16 tim yang terdiri dari 28 mahasiswa dan empat kelompok masyarakat mengikuti kompetisi pada kategori Inovasi Peralatan Listrik Tepat Guna. Sementara itu, tercatat delapan proposal ide bisnis yang dikirim oleh 24 mahasiswa dan kelompok masyarakat.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Abdul Rohim mengapresiasi antusiasime mahasiswa dan masyarakat umum dalam ajang yang pertama kali diselenggarakan ini.

Inovasi adalah hal yang penting untuk memberikan solusi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, tak terkecuali pada sektor ketenagalistrikan.

“Pada peringatan Hari Listrik Nasional ke-77 tanggal 27 Oktober ini, PLN mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para pemenang kompetisi Innovation for Electrifying Lifestyle. Semoga, inovasi yang berbasis listrik ini dapat menjadi embrio untuk inovasi-inovasi selanjutnya,” ujarnya.

Ia menginginkan, Innovation for Electrifying Lifestyle 2022 mampu menghimpun ide maupun gagasan dalam bidang ketenagalistrikan, khususnya dalam mewujudkan komitmen pemerintah untuk mewujudkan Net Zero Emission pada tahun 2060.

“PLN berkomitmen mendukung program pemerintah dalam membumikan penggunaan energi bersih. Salah satunya, menghadirkan kompetisi inovasi seperti saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana, Agus mengapresiasi langkah yang dilakukan PLN dalam mendorong dan menghimpun ide serta gagasan dalam pemanfaatan energi listrik tepat guna.

“Kami berharap, even seperti ini rutin diselenggarakan di Kalsel karena pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya memerlukan wadah untuk menyampaikan dan menyalurkan ide serta gagasan. Sehingga, nantinya akan banyak cendekiawan lahir,” tuturnya.

Diketahui, terdapat tiga pemenang pada kategori inovasi peralatan listrik tepat guna dan ide bisnis berbasis pemanfaatan tenaga listrik, yaitu:

1. Kelompok Liliyana mahasiswa Universitas Sari Mulya (Liliyana Anggelina dan Ahmad Hambali) dengan inovasi alat fisioterapi pasien lumpuh robotik bertenaga listrik.

2. Group Of Chicks Politeknik Negeri Banjarmasin (Muhammad Shihab Aulia dan Nada Soraya) dengan inovasi sistem kontrol tiket parkir dengan tombol tanpa sentuh dan RFID bertenaga listrik surya.

3. Kelompok Video Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Wahni Adnani dan Dinda Fitria Vijayanti) dengan inovasi prototype robot pelacak objek dengan pengenal suara berbasis raspberry.

Dua ide bisnis terbaik pada ajang Innovation for Electrifying Lifestyle 2022, sebagai berikut :

1. Kelompok mangisai team yang beranggotakan Bahriannor, Rerdy Ramadani dan Nur Kholipah dengan judul ide bisnis meningkatkan produktivitas iwak karing sapat kambang UMKM nelayan Danau Panggang (studi kasus di Desa Rintisan).

2. Kelompok Waserda manis yang beranggotakan Nuri Ansari, Elvi Rahmawati dan Stiti Farida dengan judul ide bisnis Warung Serba Ada Mandarsari Sejahtera. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA