Hadapi Puncak Musim hujan, BPBD Balangan Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

waktu baca 2 menit
Jumat, 1 Des 2023 08:53 0 66 Pojok Banua

POJOKBANUA, BALANGAN – Menghadapi puncak musim hujan di Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Balangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan memberikan himbauan penting kepada masyarakat.

Berdasarkan press release Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kalimantan Selatan tanggal 4 Oktober 2023, awal musim hujan di wilayah tersebut diperkirakan mulai awal November (Nov I) hingga akhir November (Nov III) 2023. Puncak musim hujan secara umum diperkirakan terjadi pada bulan Januari 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan, H Rahmi, Kamis (30/11/2023) menyatakan bahwa BPBD Balangan akan mengoptimalkan peran sebagai koordinator dalam penanggulangan kebencanaan. Mereka juga akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk menghadapi peralihan dan puncak musim hujan.

Rahmi menjelaskan bahwa potensi kerawanan di Balangan selama musim hujan meliputi banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Untuk mengantisipasi ketiga potensi kerawanan tersebut, BPBD Balangan mengeluarkan himbauan kepada masyarakat.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Himbauan tersebut antara lain meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir, puting beliung, cuaca ekstrim, dan tanah longsor di lingkungan masing-masing. Masyarakat juga dihimbau untuk menyiagakan tim bencana desa, memantau kondisi lapangan, berkoordinasi dengan aparat desa, menyiapkan tempat evakuasi, serta menyelamatkan barang penting ke tempat yang aman.

“Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan terhadap angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang, jatuhnya baliho/banner, serta robohnya tiang/atap/seng/spandex bangunan,” tambahnya.

BPBD Balangan juga memberikan himbauan khusus bagi pengguna jalan agar lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara dalam situasi hujan deras. Disarankan untuk menepi atau berteduh jika jarak pandang tidak memungkinkan dalam berkendara.

“Terakhir, kami mengimbau agar segera melapor dan memberi informasi kepada BPBD Balangan jika terdapat potensi bencana di wilayah tempat tinggal Anda,” tutup Rahmi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA