Gunakan Media Interaktif, Mahasiswa PPG Prajab ULM Berikan Pendidikan Literasi untuk Anjal

waktu baca 3 menit
Selasa, 4 Apr 2023 14:33 1 163 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Sejumlah Mahasiswa PGSD PPG Prajabatan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berikan edukasi keragaman budaya daerah kepada para anak jalanan (anjal) di Banjarmasin. Kegiatan itu merupakan upaya peningkatan literasi berbasis proyek kepemimpinan yang diberikan mahasiswa kepada mereka yang memerlukan.

Koordinator kegiatan, Rahman Wahyudi mengungkapkan, peserta kegiatan itu ialah para peserta didik Sekolah Ramah Anak (SRA) Pasar Sudimampir yang dibina oleh Yayasan Anak Jalanan Yang Baik (Al-Ajyb) Banjarmasin.

Lebih lanjut, peserta didik itu tidak semuanya merupakan anjal, melainkan juga anak para pedagang kawasan Sudimampir maupun anak umum lainnya, baik yang bersekolah formal maupun tidak turut bergabung belajar di SRA itu.

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun mengajak para peserta didik itu untuk bermain menggunakan media interaktif ular tangga sembari dibumbui edukasi terkait budaya-budaya yang ada di daerah setempat.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Kegiatan ini merupakan proyek kepemimpinan yang kami jalankan berkolaborasi dengan Yayasan Al-Ajyb sebagai upaya meningkatkan literasi terkait budaya daerah para peserta didik sekolah ramah anak binaan mereka,” terangnya, Selasa (4/4/2023) di Banjarmasin.

Di samping itu, pihaknya pun turut membagikan sejumlah undian berupa alat tulis kepada para peserta didik yang hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka pun tampak antusias mengikuti segala rangkaian pembelajaran dan permainan yang diberikan dalam kegiatan itu.

“Total ada 12 peserta didik yang hadir di Siring Banjarmasin ini. Semoga mereka semakin giat belajar dan menjadi orang sukses kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu, Pembina Sekolah Ramah Anak Al-Ajyb, Ratna Safitri memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang sudah mau mengajak dan memberikan edukasi kepada para peserta didiknya.

Lebih lanjut, walaupun wadah pendidikan yang dibuatnya itu berbentuk non formal, akan tetapi semangat anak-anak untuk belajar juga patut didudung dan diapresiasi.

“Agar tidak bosan, terkadang memang kami juga menyajikan permainan sekaligus pembelajaran di ruang terbuka seperti halnya di Siring ini. Terimakasih kepada para mahasiswa yang sudah mau berbagi pengalaman dan pelajaran kepada kami,” bebernya.

Ratna pun membeberkan sudah hampir lima tahun sekolah ramah anak tersebut berjalan. Ia pun masih terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang layak kepada para peserta didiknya.

“Para peserta didik disini tingkatannya mulai dari anak usia dini, SD, bahkan ada SMP dengan kasus yang beragam, ada yang buta huruf maupun putus sekolah. Motivasi saya setidaknya mereka bisa mendapatkan pendidikan yang layak, paling tidak bisa membaca, menulis, dan berhitung (calistung),” terangnya.

Kemudian, Ratna pun berharap, kedepannya semoga para peserta didiknya bisa keluar dari pengaruh lingkungan yang negatif dan bisa memasuki lingkungan yang lebih baik. Ia pun berencana memasukkan mereka ke lingkungan pesantren agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

Diketahui, Wali Kota Banjarmasin maupun Dinas Pendidikan setempat sudah memberikan perhatian terhadap program sekolah ramah anak itu. Pada tahun 2021 lalu, Ratna mendapatkan penghargaan sebagai pemuda pelopor atas program tersebut.

Berikutnya, pada tahun 2022 juga turut meraih penghargaan sebagai pasangan muda inspiratif atas gerakannya. Hingga kini, ia pun tetap berkomitmen melanjutkan perjuangannya itu. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    Eka
    1 tahun  lalu

    keren, masyaallah. Lanjutkan perjuangan meningkatkan literasi untuk menciptakan generasi yang cerdas dimasa depan.

    Balas

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA