iklan di pojokbanua

Gempa Bumi Susulan, Terasa pada Dua Kecamatan di Kabupaten Banjar

waktu baca 3 menit
Rabu, 14 Feb 2024 18:42 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Gempa bumi susulan terjadi di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Kali ini, di Kabupaten Banjar getarannya cukup dirasakan oleh warga hampir pada semua desa di Kecamatan Sambung Makmur dan Desa Sungkai Baru, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (14/2/2024).

IMG-20240616-WA0002

Atas laporan tersebut, tim gabungan dari posko siaga darurat bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (Bantingsor) BPBD Kabupaten Banjar melakukan cek lapangan ke lokasi kejadian untuk mendata kerusakan yang diakibatkan.

“Akibat gempa susulan di Desa Sungkai Baru RT.1, Kecamatan Simpang Empat, tim BPBD Banjar mencatat 1 rumah terdampak milik Alinurdin (56) yang dihuni 1 KK terdiri dari 4 jiwa mengalami retak di beberapa bagian,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, Warsita.

Sementara di Kecamatan Sambung Makmur, gempa susulan terjadi sebanyak empat kali dan membuat warga keluar dari rumah mereka.

“Gempa susulan terjadi mulai dari Selasa kemarin pukul 14.00-15.00 Wita, Rabu 02.30 Wita dan 02.32 Wita. Gempa bumi tersebut menyebabkan beberapa bangunan rumah mengalami keretakan, namun masih ditempati oleh warga,” bebernya.

Adapun, gempa yang terjadi pagi tadi termasuk gempa susulan. Biasanya, proses berangsur-angsur turun dan akhirnya stabil kembali.

“Hasil koordinasi dengan BMKG, gempa ini tergolong ringan dan yang terdampak sampai sekarang belum ada laporan. Kami dan TRC posko induk sedang ke lapangan memberi dukungan dan osialisasi kepada masyarakat terdampak,” tuturnya.

Ia berharap, selalu tenang dan memeriksa rumah yang terdampak dan kalau memang rusak berat untuk dihindari. “Kalau terjadi gempa tolong keluar mencari tempat yang lapang, serta sering mengakses informasi gempa dari instansi yang berwenang,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Rasmid menambahlan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4.1 Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,26° LS ; 115,12° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 Km arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Kecamatan Hantungun dan Pengaron Kabupaten Banjar dirasakan III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Masyarakat diimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” ucapnya.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(rls/WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA