iklan di pojokbanua

Gelar Aksi Damai, Jalan Hauling di Tapin Minta Segera Dibuka

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Des 2021 18:06 0 Hasanuddin

POJOKBANUA, TAPIN – Tak hanya sopir, tapi ratusan pekerja tongkang batu bara juga melakukan aksi damai untuk meminta Jalan Hauling, Kilometer 101, pada portal jalur lintasan milik PT Antang Gunung Meratus (AGM) di Rantau, Kabupaten Tapin dibuka kembali, Senin (13/12/2021).

Mereka membentangkan baliho dengan berbagi tulisan dan berteriak agar jalan tersebut dibuka kembali.

Aksi ini sempat membuat kemacetan lalu lintas. Namun, berkat koordinasi bersama aparat keamanan, akhirnya aksi dilakukan di bawah jembatan underpass Kilometer 101. Sehingga, tidak menimbulkan kemacetan kembali.

Koordinator aksi damai, Trobus Santoso mengatakan, aksi ini untuk meminta Jalan Hauling, Kilometer 101, Suato Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan yang diportal dan dipasang garis polisi segera dibuka kembali.

Kata dia, terkait permasalahan yang terjadi antara perusahaan PT AGM dan PT TCT, pihaknya meminta tolong kepada Bupati Tapin dan DPRD Tapin untuk menyelesaikan perkara terhadap kedua belah pihak.

Para pendemo di Jalan Hauling kilometer 101. (Foto: Hasan/pojokbanua.com)

“Janganlah kami para sopir angkutan batu bara dan tongkang, serta para pedagang dikorbankan,” harapnya.

Diketahui, para sopir sudah hampir tiga minggu belakangan ini tidak dapat bekerja. Lantaran, belum dibukanya Jalan Hauling.

“Sementara mata pencaharian kami di sini,” tegasnya.

Menurut Trobus, sejak ditutupnya jalan ini, ada 10 ribu jiwa terancam menjadi pengangguran. “Ini seperti pembantaian massal terhadap kami,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Tapin AKBP, Pipit Subiyanto menerangkan, pihaknya wajib mengamankan secara profesional dan proporsional, karena penyampaian pendapat dilindungi Undang-undang berlaku.

“Nanti, kami akan sampaikan apa yang dikeluhkan para pelaku aksi kepada yang berkompeten. Bagaimana tindak lanjutnya,” tutur Pipit.

Kata dia, pihaknya mempersilahkan pendemo untuk menyampaikan aspirasinya, dengan terus dikawal agar tetap berjalan aman dan damai.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari PT Antang AGM maupun dari PT Tapin Coal Terminal (TCT). Namun, pojokbanua.com berupaya konfirmasi kepada pihak terkait. (SB/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA