harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

ETLE di Kabupaten Banjar Bakal Dipasang pada Lima Titik

waktu baca 2 menit
Rabu, 20 Sep 2023 16:42 0 799 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Banjar akan memasang kamera CCTV untuk menunjang penerapan Tilang Elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Banjar.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Kapolres Banjar, AKBP M Ifan Hariyat Taufik melalui Kasat Lantas Polres Banjar, AKP Eko Guntar mengungkapkan, kamera ETLE akan dipasang di 5 titik lokasi yang sering menjadi tempat pelanggaran lalu lintas.

“Setelah berdiskusi dengan dinas perhubungan (dishub), lokasi pemasangan akan meliputi Traffic Light Simpang Empat Sekumpul, Pasar Batuah Martapura, Pos Polisi Gambut, Simpang Empat Sungai Tabuk dan Simpang Tiga Haji Duan Kecamatan Mataraman,” ungkap Eko, belum lama tadi.

Ia menjelaskan, jenis kamera yang akan digunakan terdiri dari dua titik check point di Simpang Empat Sekumpul dan Pasar Batuah Martapura.

Sementara tiga titik lokasi lainnya akan menggunakan kamera jenis e-police. Kedua jenis kamera ini memiliki kemampuan yang berbeda dalam memantau pelanggaran lalu lintas.

Dalam hal anggaran, total biaya yang diajukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar untuk pemasangan kamera ETLE sekitar Rp2,24 miliar. Realisasi proyek ini masih menunggu persetujuan anggaran dalam rapat terakhir bersama Pemkab Banjar.

“Untuk realisasinya kita masih menunggu karena akan ada rapat terakhir bersama Pemkab Banjar terkait jumlah anggaran yang disetujui. Target di 2024 sudah terealisasikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebelum dilakukan pemasangan kamera ETLE di tiap titik yang sudah ditentukan, pihaknya berencana akan mengundang tokoh-tokoh ulama setempat untuk berkoordinasi.

Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar pemantauan melalui kamera tidak bertentangan dengan kegiatan keagamaan.

“Namun, bukan mengartikan melanggar itu diperbolehkan karena kegiatan keagamaan, tetapi kita mengedepankan edukasinya agar hal ini tidak menjadi pro kontra,” pungkasnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA