iklan di pojokbanua

Dugaan Penggelembungan Suara di Kabupaten Banjar, Panwascam Diminta Cek Ulang

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Mar 2024 09:45 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Denny Indrayana dan tim hukumnya menduga telah terjadi penggelembungan suara pada lima kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Mereka mewakili pelapor Caleg DPR RI Dapil I Kalsel dari Demokrat, Rizky Niraz Anggraini telah mengajukan laporan ke Kantor Bawaslu Kabupaten Banjar, pada Jumat (1/3/2024) kemarin.

“Sebagai wakil dari pelapor Hairul Patarujali dan tim internal Rizky Niraz Anggraini, kami hari ini mendampingi pelapor untuk mengajukan laporan di Bawaslu Banjar,” ujar Deny kepada awak media.

Ia menegaskan, penggelembungan suara dapat dianggap sebagai pelanggaran administrasi dan tindak pidana Pemilu, mengacu pada Pemilu 2019. Sebelumnya, ia mencatat tiga putusan Bawaslu RI yang menangani kasus serupa.

“Tentunya, yang kami perjuangkan bukan hanya suara Demokrat, tetapi juga suara pemilih (masyarakat),” imbuhnya.

Sementara dari sisi tindak pidana Pemilu, Denny membeberkan bahwa tidak sedikit putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap yang menjatuhkan sanksi kepada oknum PPK yang mempermainkan suara rakyat dengan menggelembungan suara partai tertentu.

Sementara itu, Senior Associate Integrity Law Firm, Muhamad Raziv Barokah menyoroti pentingnya menangani manipulasi suara rakyat dengan konsekuensi hukum yang berat berdasarkan ketentuan yang berlaku.

“Seharusnya, Pemilu 2019 menjadi pelajaran. Kami mendorong Bawaslu Kabupaten Banjar untuk menangani laporan secara profesional, independen dan imparsial. Tim hukum mengidentifikasi peningkatan suara yang tidak wajar di lima kecamatan yaitu Astambul, Gambut, Kertak Hanyar, Aluh-Aluh, dan Sungai Pinang,” paparnya.

Menurutnya, Pemilu bukan sekadar berbicara menang dan kalah dengan segala kecurangan. Namun, Pemilu ialah momentum untuk menempatkan wakil rakyat yang tepat dengan cara-cara amanah.

Menanggapi hal itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar, M Hafizh Ridha menginstruksikan Panwascam untuk melakukan pengecekan ulang terhadap penghitungan suara.

“Beberapa hasil memang ada perbedaan, namun sudah diselesaikan di kecamatan,” tutupnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA