iklan di pojokbanua

Dua Pekan Dilanda Banjir, Petani di HST Terancam Gagal Tanam

waktu baca 2 menit
Minggu, 14 Jan 2024 18:00 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Sudah dua pekan banjir melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), termasuk beberapa desa di Kecamatan Pandawan dan Labuan Amas Utara (LAU).

Adapun untuk Kecamatan Pandawan yakni Desa Palajau, Masiraan, dan Jaranih. Sedangkan Kecamatan Labuan Amas Utara meliputi Desa Pahalatan, Mantaas, Rantau Bujur, dan Sungai Buluh.

Nahasnya, mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani. Mereka pun kini dihantui oleh ancaman gagal tanam, karena beberapa waktu sebelumnya mereka baru mulai menanam padi.

Salah satu korban terdampak banjir HST, Nor Irfansyah mengaku, sebelum dilanda banjir beberapa waktu lalu dirinya baru menanam padi. Namun, baru awal tahun tadi langsung dilanda banjir.

“Luas sawah saya yang terendam ada 25 borongan (sekitar 4 hektare) yang lokasinya tidak jauh dari luapan banjir wilayah Masiraan,” bebernya saat ditemui di Masiraan, Sabtu (13/1/2024) kemarin.

Menurutnya, karena terendam sudah lebih dari sepuluh hari, sawahnya berpotensi gagal tanam. Padahal, sudah dipupuk dan disemprot beberapa waktu lalu.

Pambakal (Kepala Desa) Masiraan, Ahmad Fauzi menambahkan, luas lahan pertanian di desanya yang terdampak banjir mencapai 70 hektare dengan tanaman padi. Taksiran kerugian pun diperkirakan mencapai Rp50 juta.

Dari sektor perkebunan, perkiraan seluas 15 hektare lahan warga yang terdampak. Mayoritas berupa perkebunan cabai dan karet dengan taksiran kerugian mencapai Rp30 juta.

Selanjutnya dari sektor peternakan, pihaknya mencatat ada 300 ekor ayam dan 800 ekor itik turut terdampak. Taksiran kerugian mencapai Rp98 juta.

“Ini merupakan data per 10 Januari 2024. Kemungkinan masih bisa bertambah, mengingat hari ini debit air juga kembali mengalami peningkatan,” paparnya.

Hingga kini, masih belum ada bantuan yang diterima warga baik untuk penanganan pertanian, perkebunan maupun peternakan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung saat dikonfirmasi terkait hal itu, pada Sabtu (13/1/2024) sore, masih belum memberi keterangan. (MH/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA