Donor Darah Disebut Bayar, Begini Penjelasan PMI Banjarmasin

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Sep 2021 17:32 0 145 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Plasma konvalesen sekarang diburu keluarga pasien atau pasien Covid-19. Sebab, dinilai sangat bagus untuk kesembuhan pasien Covid-19, Rabu (8/9/2021).

PMI Banjarmasin juga menyalurkan darah plasma konvalesen ke rumah sakit.

Kepala UDD PMI Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit menyampaikan, pendonor darah biasa ataupun darah plasma konvalesen di PMI Banjarmasin gratis.

“Kami (juga) memberikan bingkisan bagi yang donor darah plasma konvalesen,” ujar Aulia kepada pojokbanua.com.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Kata dia, banyak masyarakat yang salah paham kalau donor darah itu bayar. Jadi, ada namanya biaya pengganti pengolahan darah (BPPD), itu yang harus warga bayar jika mau mengambil darah di PMI. Biaya ini nantinya akan dibayar oleh rumah sakit, setelah diklaim oleh pasien atau keluarga pasien.

“Setiap darah yang didistribusikan ke pasien harus melewati beberapa tahap pengolahan dan pemeriksaan laboratorium, agar memastikan darah tersebut aman dan bebas dari penyakit,” ungkapnya.

Pengambilan darah memang ada biayanya, lanjutnya, sesuai SK Kemenkes dan seluruh Indonesia sama. Permasalahannya, di Banjarmasin ini banyak rumah sakit yang tidak mau repot mengurus ini.

“Padahal, beberapa rumah sakit yang mengurus keluarga pasien atau pasien yang butuh plasma tidak mengeluarkan biaya serupiah pun karena Covid-19 ditanggung pemerintah. Tinggal dari pihak rumah sakit itu sendiri aja lagi,” bebernya.

Ia menegaskan, tidak pernah menyulitkan warga yang ingin donor darah plasma konvalesen ke PMI Banjarmasin. Sebab, sudah sesuai SOP dalam pembuatan dan pengolahan darah plasma konvalesen yang berbeda dengan donor darah normalnya.

“Yang membuat harga tersebut mahal adalah harga kantong darahnya mencapai Rp 2 juta (per kantongnya),” cetusnya. (NS/PR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA