iklan di pojokbanua

Dongkrak Industri Pariwisata di HST, 40 Penggiat Wisata Ikuti Pelatihan Pemandu

waktu baca 2 menit
Kamis, 5 Okt 2023 12:57 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Sebanyak 40 penggiat wisata di Hulu Sungai Tengah (HST) ikuti pelatihan pemandu di salah satu hotel di Banjarmasin, Kamis (5/10/2023).

Pelatihan itu diberikan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HST sebagai upaya mendongkrak industri pariwisata dengan melibatkan pelaku usaha pariwisata dan penggiat wisata di HST.

“Untuk para peserta, kami melibatkan pemilik usaha pariwisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), serta para penggiat wisata HST,” kata Plt Kepala Disporapar HST, Ramadlan.

Dalam pelatihan itu turut menghadirkan para pemateri kompeten. Mulai dari Ketua DPD HPI Kalsel Antonius Panggabean, Fajeri yang juga dari HPI Kalsel, serta Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati HST, Mansyah Sabri bersama Kadisporapar HST, Ramadlan juga turut memberikan wawasan terkait perkembangan dan segala peluangnya terkait kepariwisataan di HST.

Salah satu peserta, Rian mengatakan kegiatan pelatihan guide ini sangat penting, mengingat Kabupaten HST sendiri memiliki potensi pariwisata yang begitu besar.

“Ini sangat penting, apalagi saat kita memberikan pelayanan kepada pengunjung agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal,” jelasnya.

Lebih dari itu, tidak hanya untuk sekedar pelayanan, pihaknya juga mendapatkan wawasan terkait strategi pemasaran dan manajemen keuangan dalam menyusun paket wisata.

“Sangat menarik, kita juga praktik langsung belajar bermain peran sebagai guide dan wisatawan, serta langsung dievaluasi dan diberi masukan oleh para pemateri. Semoga pelatihan seperti ini terus berlanjut,” terangnya.

Untuk pelatihan guide bagi industri pariwisata HST ini berlangsung mulai dari Rabu (4/10/2023) hingga Jumat (6/10/2023). Para peserta juga diajak meninjau lokasi wisata di Banjarmasin sebagai bahan pembelajaran lapangan terkait pemberdayaan sumber daya pariwisata ini. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA