iklan di pojokbanua

Disinyalir Berdampak Buruk, Pohon Trembesi di Jalan Ahmad Yani Banjar Bakal Ditebang

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mei 2024 07:59 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Pohon trembesi yang telah ditanam puluhan tahun di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Banjar, akan ditebang habis.

IMG-20240616-WA0002

Alasannya, karena keberadaan pohon dinilai sudah tidak relevan dan merusak bangunan di sekitarnya. Pohon trembesi ini disinyalir berdampak buruk pada bangunan di sekitarnya, karena memiliki akar tunggang yang merusak drainase, pot bunga, bahu jalan, dan aspal.

Pohon trembesi yang ditanam di tepi Jalan Ahmad Yani telah menyebabkan beberapa kecelakaan. Termasuk menimpa angkutan desa yang mengakibatkan 4 orang harus dilarikan ke rumah sakit dan menimpa sebuah mobil di depan Masjid Agung Al Karomah.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar mencatat, sebanyak 29 pohon trembesi roboh sepanjang tahun 2022. Sementara pada 2023 hingga November, sudah ada 19 pohon yang tumbang.

Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar, Khaezar Kusuma, mengatakan, pihaknya telah mendapat arahan dari Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar untuk melakukan penebangan pohon tersebut.

“Sesuai arahan dari pimpinan, pohon itu akan kita tebang habis. Namun, untuk saat ini, penebangan secara mandiri tidak bisa dilakukan, jadi harus melibatkan pihak ketiga karena peralatan kita tidak mencukupi,” ucapnya, Selasa (14/5/2024).

Dia mengatakan, penebangan tersebut akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Dari data yang dimilikinya, terdapat sekitar 549 pohon di sepanjang Jalan Ahmad Yani, dari batas kota hingga Masjid Al Karomah yang memerlukan penanganan.

“Berdasarkan peraturan Kementerian PUPR, pohon trembesi tidak boleh lagi ditanam di jalan tersebut, sehingga penebangan dilakukan secara bertahap sesuai anggaran,” bebernya.

Penggantian penghijauan, menurut Bang Esar, masih menunggu keputusan dan inovasi untuk melakukan konservasi. (WF/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA