iklan di pojokbanua

Dishut Kalsel Gelar Sosialisasi Pengusahaan Pariwisata Alam di Tahura Sultan Adam

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Mei 2024 08:10 0 Ade Ujang

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Fasilitasi acara Sosialisasi Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya (Tahura), dan Taman Wisata Alam yang diselenggarakan Tahura Sultan Adam di Aula Rimbawan 3 Dishut Kalsel. Selasa siang (07/05).

IMG-20240616-WA0002

Kepala Dishut Kalsel Fathimatuzzahra melalui Kabid PKSDAE Dishut Kalsel Pantja Satata menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk pengembangan kawasan Tahura Sultan Adam Mandiangin yang merupakan UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dibawah naungan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengelolaan Tahura SA kepada para perusahaan calon mitra Tahura SA berhadir dan ingin ikut berpartisipasi/bekerjasama dalam pengembangan Tahura SA. Melalui pengembangan dan rencana kerjasama Tahura Sultan Adam ini, diharapkan kedepannya Tahura selain sebagai kawasan konservasi juga dapat ikut serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui pengembangan objek wisata di kawasan Tahura Sultan Adam sehingga kesejahteraan masyarakat disekitar Tahura SA juga dapat ikut meningkat” kata Pantja Satata.

Sementara, Kepala Tahura Sultan Adam dalam kesempatannya menjelaskan bahwa Visi dari pembentukkan Tahura Sultan Adam adalah sebagai Kawasan Konservasi yang menjamin kelestarian fungsi hutan hujan tropis pegunungan dan fungsi hidro-orologis berbasis ekowisata dan pengelolaan partisipatif, Melindungi dan meningkatkan kualitas ekosistem untuk mendukung fungsi Kawasan pelestarian alam.

“Selain itu, MISInya diantaranya untuk Mendorong pengelolaan wilayah bersama para pihak dengan menerapkan prinsip berkelanjutan, Mengoptimalkan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam berbasis konservasi, dan Penguatan kelembagaan pengelolaan Tahura Sultan Adam. Untuk pengembangan wisata dikawasan Tahura Sultan Adam diharapkan tetap mengedepankan sisi konservasi hutan” kata Ainun Jariah.

Turut hadir, perwakilan Direktorat Pemanfaatan Jasa LingkunganKawasan Konservasi. Direktorat JenderalKSDAE dari Kementerian LHK, Chandra Putra menjelaskan terkait Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.8/menlhk/setjen/kum.1/3/2019 Tahun 2019 Tentang Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam.

Diharapkan sosialisasi yang juga dihadiri Disbudporapar Kab Banjar, mitra usaha wisata alam, dan seluruh Kepala Desa serta Camat dikawasan Tahura SA ini dapat menemukan kesepahaman terkait Pengusahaan Pariwisata Alam di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam dan turut serta membantu upaya pengembangan Tahura Sultan Adam.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA