iklan di pojokbanua

Dinas PMD Banjar Bantah Terima Anggaran Penanganan Stunting

waktu baca 2 menit
Sabtu, 8 Jun 2024 19:56 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar membantah adanya anggaran penanganan stunting di kantornya.

IMG-20240616-WA0002

Berdasarkan data Bappeda Litbang, Dinas PMD tercatat menerima anggaran penanganan stunting sebesar Rp.8,9 miliar lebih. Namun, Kepala DPMD Banjar, Syahrialludin meluruskan bahwa jajarannya tidak menganggarkan penanganan stunting.

“Memang tidak ada, karena masalah stunting bukan tupoksi kami. Keterlibatan kami untuk stunting hanya karena kami masuk dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS),” ujarnya kepada sejumlah media pada Jumat (7/6/2024) sore.

Ia menjelaskan, anggaran yang disebutkan Bappeda Litbang mengatasnamakan Dinas PMD bersumber dari Dana Desa (DD). Artinya, pihaknya tidak mendapatkan jatah anggaran tersebut.

“DD itu dana yang langsung masuk ke desa, bukan Dinas PMD yang mendapatkan jatah anggaran. Sepenuhnya kewenangan desa dan besaran angkanya ada di desa masing-masing,” jelasnya.

Syahrialludin menegaskan bahwa Dinas PMD bukan penanggung jawab anggaran tersebut.

“Perlu diperjelas bahwa dana sebesar Rp8,9 miliar lebih ini adalah Dana Desa yang dianggarkan untuk 277 desa di Kabupaten Banjar,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Bappeda Litbang Banjar, Nasrullah Shadiq, menjelaskan bahwa anggaran penanganan stunting dari Dana Desa (DD) untuk desa dimasukkan atas nama Dinas PMD di aplikasi Aksi Bangda karena tidak ada pilihan untuk desa.

“Karena harus dimasukkan dinas penanggung jawab di aplikasi Aksi Bangda dan tidak ada pilihan untuk desa, maka kita input atas nama Dinas PMD, karena desa merupakan binaan dinasnya. Untuk anggarannya, masuk ke desa masing-masing,” jelasnya. (WF/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA