iklan di pojokbanua

Dikawal Ketat, Begini Proses Distribusi Logistik Pemilu di Pandawan HST

waktu baca 2 menit
Selasa, 13 Feb 2024 09:47 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Proses distribusi logistik pemilu 2024 di Hulu Sungai Tengah (HST) hampir rampung. Salah satu lokasi distribusi yang menjadi perhatian ada di Kecamatan Pandawan.

Lokasi tersebut merupakan salah satu kecamatan di HST dengan jumlah desa terbanyak, yakni 21 desa, jumlah TPS sebanyak 127 dengan total pemilih 25.781 orang.

Selama proses berlangsung petugas gabungan pun melakukan pengawalan ketat.

Ketua PPK Pandawan, Muhammad Fitri mengungkapkan, sebelum pengiriman logistik berlangsung, pihaknya sudah melakukan koordinasi berjenjang terutama dalam hal pengamanan dan pengawasan.

Ia menjelaskan, untuk pengiriman logistik berlangsung dari Kabupaten ke Kecamatan pada Sabtu (10/2/2024) dan berlanjut dari Kecamatan ke desa-desa hari ini, Selasa (13/2/2024).

Adapun rincian logistik yang diterima se-Kecamatan Pandawan meliputi kotak suara berisi logistik pemilu 635 buah, kantong plastik berisi logistik pemilu 127 bungkus, dan bilik pemungutan suara 508 buah.

“Ada kekurangan stik/segel dan sudah kita koordinasikan sebelumnya untuk sama-sama dilengkapi,” ujarnya, pada Selasa (13/2/2024).

Sementara itu, Ketua Panwascam Pandawan, Muhammad Sanderi mengatakan, pergeseran ke desa-desa dimulai hari ini, yakni H-1 waktu pemilihan.

Pihaknya pun sudah menyiapkan langkah mitigasi kecurangan dengan melakukan pengawasan langsung dan melekat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pendistribusian ke desa-desa pun demikian bersama TNI-Polri, pengawas desa hingga pengawas TPS juga dilibatkan,” tuturnya.

Sejauh ini, kata Sanderi pihaknya belum menemukan kendala, cuaca juga turut mendukung dalam proses pendistribusian. Di tambah menggunakan armada 5 unit truk untuk mempercepat proses distribusi ke semua desa di Kecamatan Pandawan.

Sementara itu, Camat Pandawan, M Affauw Al Bagaq menambahkan pihaknya bersama Forkopimcam juga turut mendukung dalam berbagai proses pemilu ini. Misalnya, pihak kecamatan juga turut memfasilitasi penyediaan gudang logistik dengan mengoptimalkan Balai Rakyat yang ada di Pandawan.

“Kita sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi untuk persiapan dan dirumuskan melaksanakan apel gelar pasukan terlebih dahulu baru memulai pergerakan logistik ke desa-desa,” tuntasnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA