harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Desakan Warga, Pambakal Tabudarat Hulu HST Mundur

waktu baca 2 menit
Sabtu, 24 Feb 2024 09:21 0 1224 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Pertemuan puluhan warga bersama Pambakal (kepala desa) Tabudarat Hulu, Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS), Hulu Sungai Tengah (HST) selama dua hari terakhir tidak menemukan titik temu.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Permintaan warga terkait kejelasan transparansi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022-2023 tak memberikan kepuasan masyarakat. Hingga, Pambakal Tabudarat Hulu, Iderus Ansyari bersedia mengundurkan diri usai mendapat desakan warga.

Pengunduran dirinya dari jabatan pambakal itu tertuang dalam surat pernyataan yang dibuat pada saat pertemuan itu berlangsung. Lengkap dengan tanda tangan bermeterai Iderus Ansyari selaku yang membuat pernyataan, juga Ketua BPD Muhammad Masjudinnor dan wakilnya bersama lima saksi dari warga.

“Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Pambakal Desa Tabudarat Hulu atas permintaan warga terhitung sejak surat pernyataan ini dibuat,” ujar isi petikan surat pernyataan yang ditanda tangani Iderus Ansyari, Jumat (23/2/2024) sore.

Meski begitu, warga berharap hasil pertemuan ini demi perbaikan desa ke depan. Agar segala program-program yang berjalan lebih terbuka dan selalu melibatkan warga, baik pada saat perencanaan hingga pelaksanaan.

“Ini aspirasi masyarakat yang ingin tahu kejelasan transparansi penggunaan APBDes, karena minim pelibatan masyarakat,” kata perwakilan warga, Abdul Kahar.

Terlepas hal itu, proses pernyataan pengunduran diri pambakal ini diserahkan kepada BPD untuk kelanjutannya.

Di akhir pertemuan, puluhan warga bersama pambakal, para aparat desa dan semua yang hadir saling bersalaman sebagai pertanda saling memaafkan dan komitmen bersatu padu untuk perbaikan desa ke depan.

Terpisah, Camat Labuan Amas Selatan (LAS), Aidi Rozain menuturkan, pihaknya memang sudah mengetahui terkait adanya pertemuan warga-Pambakal Tabudarat Hulu.

Lebih lanjut, terkait hal ini, pihak kecamatan tidak menerima undangan dalam pertemuan tersebut dan menurutnya pertemuan warga dengan pambakal itu dinilai sebuah hal yang wajar.

“Jika ada hasil pertemuan ditemukan permasalahan, akan segera kami tindaklanjuti dan atau menunggu laporan dari pemerintah desa tersebut,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Berkaitan dengan informasi pengunduran diri pambakal, Aidi mengatakan, belum mengetahui informasinya secara pasti. Namun, kalaupun memang menundurkan diri setelahnya pasti ada tahapan-tahapannya.

Menurutnya, pengunduran diri pambakal tidak serta-merta dilakukan. Pasalnya, dengan kekosongan jabatan pambakal, roda pemerintahan desa tidak mungkin berjalan.

Aidi menyebut, pambakal diangkat disahkan melalui surat keputusan (SK) Bupati. Artinya, secara aturan akan diberhentikan pula melalui SK Bupati.

“Kalau SK Bupati belum terbit, berarti yang bersangkutan masih sebagai Pambakal,” tutupnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    KHAIRUN NAZAR
    2 bulan  lalu

    Harapan bersama,semoga kedepan nya lebih baik lagi dalam membangun desa tercinta kita.terbuka untuk masyarakat,dan amanah menjankan nya.terimakasih

    Balas

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA