Dear Warga Banjar: Sewa Ruangan di Pesan Kulaan, Berikut Tarif Lengkapnya

waktu baca 2 menit
Jumat, 8 Sep 2023 21:55 0 330 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) launching ‘Pesan Kulaan’ (Pemesanan Kamar dan Aula Pertemuan) berbasis aplikasi website di Lantai II Aula Barakat Martapura, Jumat (8/9/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, Mokhamad Hilman mengatakan, aplikasi Pesan Kulaan bertujuan agar aset yang dimiliki Pemkab Banjar seperti Gedung Mahligai Sultan Adam, Aula Barakat, dan Guest House Sultan Sulaiman Martapura yang memiliki ruang pertemuan dapat dimanfaatkan lebih produktif.

“Memang tujuan utama aset ini disiapkan untuk urusan kedinasan. Tetapi, tidak semua waktu kedinasan itu menghabiskan pemanfaatan dari aset tersebut. Artinya, bisa saja aset itu dimanfaatkan untuk kegiatan di luar masalah kedinasan atau pihak umum, sehingga pemanfaatannya lebih produktif,” ujarnya.

Terkait bagaimana nanti mekanismenya, dengan aplikasi Pesan Kulaan yang dapat diakses melalui gawai menjadi salah satu media informasi terkait kapan waktu pemanfaatan aset tersebut. Aplikasi ini dapat diakses melalui gawai yang menjadi salah satu media informasi.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

“Informasi itu sudah bisa diketahui semua pihak, sehingga saat waktu luang masyarakat umum dapat melakukan pemesanan untuk menggelar kegiatan di luar pemerintahan. Seperti Guest House Sultan Sulaiman Martapura yang memiliki 30 kamar, juga dapat dimanfaatkan masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Nantinya, aset daerah itu juga menghasilkan profit oriented untuk menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Terlebih, terkait jasa sewa pemanfaatan aset barang milik daerah ini sudah diatur dalam Perda Kabupaten Banjar. Bahkan, sudah ada pasal yang mengatur untuk pemberian keringanan atau pembebasan biayanya berdasarkan ketentuan yang berlaku dan persetujuan bupati,” katanya.

Sementara itu, Kabag Umum Setda Kabupaten Banjar, Khairullah Anshari menjelaskan, untuk pemanfaatan Aula Berlian di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, baik kegiatan kedinasan maupun non kedinasan tetap dikenakan biaya. Kecuali, untuk Mahligai Sultan Adam dan Aula Barakat Martapura.

“Aplikasi ini dapat diakses melalui website resmi Pemkab Banjar atau langsung melakukan pencarian di google, yakni Pesan Kulaan. Kita akan terus melakukan penyempurnaan, terlebih pada hari ini kita telah mendapatkan feedback atau masukan terkait sejumlah kekurangannya,” tuturnya.

Dia memastikan, aplikasi ini sudah tertera daftar harga kamar dan pemanfaatan Aula Berlian. Sedangkan untuk Standard Room, masih room only tanpa breakfast.

“Kita jamin bersih dan nyaman untuk harga kamar Rp300.000. Sedangkan untuk kegiatan kedinasan di aula tersebut tarifnya sebesar Rp1 juta, non kedinasan seperti resepsi perkawinan Rp2 juta, untuk kegiatan profit Rp3 juta,” pungkasnya.(WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA