iklan di pojokbanua

Dapati APK Diduga Langgar Aturan, Bawaslu HST Bakal Tertibkan

waktu baca 2 menit
Kamis, 23 Nov 2023 19:21 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Bawaslu Hulu Sungai Tengah (HST) menindak tegas peserta pemilu yang masih memasang alat peraga menyerupai alat peraga kampanye (APK) berupa baliho atau spanduk yang diduga tidak sesuai ketentuan sebelum masuk tahapan kampanye.

Penegasan itu disampaikan Ketua Bawaslu HST, Nurul Huda, menyusul penertiban yang tengah dilakukan.

Bahkan, pihaknya juga turut melakukan pertiban di wilayah Kecamatan Limpasu dan Batang Alai Timur (BAT).

“Kita sudah sosialisasikan dan bahkan peserta pemilu ini kita kumpulkan untuk menjelaskan hal-hal yang dilarang dilakukan sebelum masuk tahapan kampanye pada 28 November 2023,” ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Nurul menyebut, pendekatan secara preventif juga telah dilakukan dengan komunikasi yang baik oleh jajaran Bawaslu, panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) hingga tingkat desa dengan peserta pemilu.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi kepada peserta pemilu yang menaati aturan dengan menindaklanjuti sendiri. Akan tetapi, ada juga yang belum mengerti aturan dan itu yang pihaknya tertibkan.

Ia menerangkan, surat imbauan dengan bukti foto sejumlah spanduk dan baliho calon anggota legislatif (caleg) juga telah pihaknya sampaikan kepada partai politik (parpol) agar dilepas atau ditutupi sendiri yang mengandung unsur ajakan, termasuk memuat tanda paku untuk mencoblos.

“Namun setelah penetapan dan pengumuman daftar calon tetap (DCT) pada 4 November 2023, malah tambah banyak spanduk atau baleho yang dipasang tidak sesuai aturan di PKPU 15 Tahun 2023,” paparnya.

Nurul juga menyampaikan, saat ini juga banyak bahan kampanye berupa stiker yang ditempel di rumah warga atau fasilitas umum pemerintah.

Untuk itu, pihaknya menegaskan agar peserta pemilu dapat melepas atau menutupi sendiri sejumlah alat peraga yang tidak sesuai aturan tersebut.

Ia mengingatkan, penertiban ini akan terus berlanjut ke beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten HST dan kami akan tegas langsung melakukan tindakan.

Bawaslu HST memastikan, alat peraga yang ditertibkan tidak akan dirusak, dan diamankan di sekretariat Panwaslu Kecamatan. Peserta pemilu silahkan mengambil ke sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing.

“Penertiban ini sudah juga sudah menjadi kesepakatan dengan Partai Politik yang ada di Kabupaten HST saat acara Ngopi Bakisahan yang digelar oleh Polres HST Ngopi pada Sabtu (18/11/2023),” lugasnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA