Dampak Kemarau Panjang, Petani Durian di Desa Biih Panen

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Okt 2023 18:49 0 339 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Musim kemarau panjang di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), selain memberikan dampak buruk terhadap lingkungan juga positif bagi petani buah durian di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Panen besar tersebut menjadi berkah tersendiri bagi petani dan penggemar buah durian. Sebab di Kecamatan Karang Intan, selama tiga tahun terakhir tidak ada musim panen buah durian akibat musim penghujan yang kurang mendukung.

Tokoh Masyarakat Karang Intan, Warhamni selaku pemilik pohon durian mengungkapkan kebahagiaannya terkait dengan berkah musim kemarau ini.

“Dengan berkat kemarau, kami di sini dapat menikmati durian kembali. Karang Intan merupakan salah satu penghasil buah durian terbanyak di Kalimantan Selatan,” ujar Warhani, Selasa (10/10/2023).

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Anggota DPRD Banjar dari Fraksi Partai NasDem ini mencatat, Desa Biih adalah penghasil terbesar durian pada musim panen. Bahkan, durian dari Desa Biih sangat terkenal di kalangan masyarakat.

“Selain Biih, Desa Abirau, Sungai Asam, Sungai Alang, Sungai Landas, dan Padang Panjang juga merupakan wilayah yang menghasilkan banyak durian. Kami berusaha untuk menjadi penghasil buah durian yang memasok ke Ibu Kota Negara (IKN), sehingga tidak perlu mengimpor dari luar daerah,” ungkapnya.

Ia menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel biasanya mengadakan kontes durian. Namun, sudah selama tiga tahun terakhir kontes tersebut tidak bisa diadakan karena durian di Karang Intan tidak panen. Maka, rencana akan menggelar kontes skala kecil untuk buah tiwadak (cempedak) dalam waktu dekat.

“Rencananya, kontes tiwadak ini akan diadakan akhir bulan ini, dan akan menjadi yang pertama kali digelar di mana pun,” tambahnya.(WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA