iklan di pojokbanua

Dampak dari Knalpot Brong, Simak Penjelasan Psikolog dari Banjarbaru

waktu baca 2 menit
Senin, 23 Jan 2023 18:16 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dalam beberapa waktu terakhir, anggota kepolisian di Banjarbaru tengah berupaya menertibkan sepeda motor, yang ditengarai menggunakan knalpot brong.

IMG-20240616-WA0002

Terbaru, pada Sabtu (21/1/2023) malam, anggota Polsek Banjarbaru Utara berhasil mengamankan sedikitnya 10 unit sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

Lantas, dampak apa yang dirasakan masyarakat, jika knalpot brong tak ditertibkan?

Dihubungi pojokbanua.com pada Senin (23/1/2023) siang, psikolog asal Banjarbaru, Rika Vina Zwagery menjelaskan dampak dari sepeda motor dengan knalpot brong.

Dalam sudut pandang psikologi lingkungan, bunyi yang dihasilkan dari sepeda motor dengan knalpot brong, merupakan suatu bunyi yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan gangguan dan ketidaknyamanan, khususnya secara psikologis.

“Dampak pertama, orang merasa tidak nyaman dan terganggu aktivitasnya. Misalnya seperti tidur, belajar, dan bekerja sehingga dapat mempengaruhi konsentrasi. Kedua, menimbulkan reaksi emosi tertentu. Misalnya marah, pada tingkat tertentu berisiko menimbulkan perilaku agresif,” ujar Rika.

Akademisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru menambahkan, dampak ketiga yang diakibatan dari sepeda motor dengan knalpot brong, berisiko menimbulkan tekanan atau stres, jika suara bising yang ditimbulkan terjadi secara terus menerus dan dalam durasi yang lama.

“Yang keempat, dampaknya yaitu orang kemungkinan mengisolasi diri. Karena tidak ingin terganggu oleh suara bising. Misalnya menutup pintu, menutup jendela, mengurangi akses untuk keluar rumah,” imbuh Rika.

Dampak terakhir dari kebisingan yang dihasilkan sepeda motor dengan knalpot brong, yang tentu menjadi perhatian khusus adalah pada individu tertentu bisa berakibat pada gangguan fisik.

“Misalnya orang dengan risiko penyakit jantung dan hipertensi,” tandas Rika. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA