iklan di pojokbanua

Cukai Rokok Naik: Pedagang Cemas, Pengguna Enggan Ambil Pusing

waktu baca 2 menit
Minggu, 1 Jan 2023 06:35 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Rencana kenaikan cukai rokok sebesar 10 persen pada Minggu (1/1/2023), mendapat tanggapan yang beragam oleh masyarakat Banjarbaru, baik dari penjual maupun pengguna rokok.

Salah satunya adalah Yuli. Penjual rokok di Jalan Angkasa, Kelurahan Syamsudin Noor ini mengaku sudah mengetahui rencana kenaikan cukai rokok, kendati sebenarnya ia sedikit keberatan.

“Walau kita tak setuju dengan kenaikan cukai rokok, mau tidak mau harga rokok ke depannya bakal naik,” ujarnya kepada pojokbanua.com, Sabtu (31/12/2022) siang.

Jika cukai rokok naik yang berimbas pada harga rokok yang dijualnya. Yuli cemas, nantinya bakal berdampak pada keuntungan yang diperoleh.

“Nanti pembeli tak mau lagi beli rokok yang harganya mahal. Pembeli nanti maunya beli yang harganya terjangkau saja, makanya yang saya jual hari ini merek rokoknya sedikit saja,” jelasnya.

Berbeda dari Yuli yang merupakan seorang penjual. Satria, warga Banjarbaru yang juga pengguna rokok tak terlalu ambil pusing, jika nantinya harga rokok bakal naik akibat kenaikan cukai rokok.

“Sebenarnya, tak jadi masalah. Karena kita sebagai penikmat rokok mau tidak mau harus siap dengan kenaikan ini,” ucapnya.

Seperti diketahui, harga rokok akan mengalami kenaikan per 2023. Hal tersebut menyusul pengumuman kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan, mengenai kenaikan penyesuaian tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk dua tahun ke depan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan pemerintah telah menetapkan penyesuaian CHT berdasarkan pertimbangan aspek ekonomi, ketenagakerjaan, keberlanjutan industri rokok, dan upaya pengendalian peredaran rokok ilegal.

“Kebijakan penyesuaian tarif CHT telah mempertimbangkan sisi makro ekonomi. Apalagi, di tengah situasi ekonomi domestik yang terus menguat dalam masa pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya melalui keterangan tertulis dilansir dari suara.com, Selasa (20/12/2022).

Detailnya, akan ada kenaikan tarif cukai sigaret rata-rata sebesar 10 persen pada tahun 2023 sampai 2024. Lalu, khusus tarif cukai untuk jenis Sigaret Kretek Tangan (SKT), kenaikan maksimum sebesar 5 persen dengan pertimbangan keberlangsungan tenaga kerja. (FN/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA