Cerita Rohim, Pejuang Demokrasi di Banjarbaru Alami Kecelakaan Jelang Pemilu 2024

waktu baca 2 menit
Sabtu, 24 Feb 2024 13:20 0 435 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pelaksanaan Pemilu 2024 menyisakan cerita pilu yang dialami oleh Rohim, warga Jalan Unlam III RT. 19/RW. 04, Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Ia merupakan salah satu anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di tempat pemungutan suara (TPS) 34 yang mengalami kecelakaan. Akibatnya, pergelangan tangan kanannya mengalami patah dan harus diperban.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai penyuluh pertanian di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarbaru ini pun menceritakan kronologi kecelakaan yang dialaminya. Saat itu, sehari sebelum hari pemungutan suara, ia tengah memasang lampu untuk TPS yang ada di depan rumahnya.

“Kejadiannya pukul 18.00 Wita, saat itu kita memasang sambungan lampu di tenda. Karena tidak sampai, saya gunakan kursi,” ujar Rohim saat ditemui pojokbanua.com di rumahnya, Sabtu (24/2/2024) pagi.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Mulanya, tak ada kendala dihadapi Rohim saat menaiki kursi. Tak lama, kaki kursi yang ditopangnya tak mampu menahan beban tubuhnya.

“Jatuh dan tak sadar lagi seperti apa jatuhnya. Sudah agak sadar saya pegang ada nongol di tulang, langsung saya bawa ke tukang pijat,” bebernya.

Setelah dipijat, Rohim pun tidak mendapati keluhan apapun. Ia pun bertugas sebagai KPPS keesokan harinya, dengan dibantu anaknya dan diminta membuat surat pernyataan.

Imbasnya, Rahim berpindah tugas dari semula sebagai anggota KPPS 2 menjadi anggota KPPS 7. Tugasnya pun lebih ringan, hanya menyodorkan tinta ke pemilih.

Rohim bercerita, keluhan patah tulangnya kembali terasa empat hari setelah kecelakaan yang dialaminya. Ia pun segera ke RSD Idaman Banjarbaru untuk menjalani operasi.

“Langsung dijadwalkan operasi, hari Selasa (20/2/2024) menjalani rontgen dan Kamis (22/2/2024) tadi menjalani operasi. Pada Jumat (23/2/2024) sempat rawat inap dan setelah dicek tidak ada kendala,” tuturnya.

Rohim sendiri, dijenguk oleh Polres Banjarbaru dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru, yang memberikan sejumlah bantuan untuk meringankan beban Rahim.

Kasat Intelkam Polres Banjarbaru, AKP Didik Sulistyanto menuturkan, kunjungannya ke kediaman Rohim sebagai bentun apresiasi jajarannya kepada Rohim sebagai salah satu pejuang demokrasi di Kota Idaman.

“(Kegiatan) ini diinisiasi oleh Polres Banjarbaru. (Harapannya) semoga beliau tetap bisa menjaga kesehatannya agar pelaksanaan tahapan pemilu selanjutnya lebih baik,” tuturnya.

Sementara, Komisioner KPU Banjarbaru Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas SDM), Hereyanto berupaya untuk memberikan perhatian kepada anggota KPPS yang sakit saat pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya adalah Rahim.

“Ini adalah bentuk terima kasih kita atas kerja dari KPPS dalam melaksanaan tugas di hari pemungutan suara,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA