Cegah Pelanggaran, Bawaslu Kabupaten Banjar Buka Posko Pengaduan

waktu baca 2 menit
Jumat, 5 Mei 2023 19:08 0 105 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA –
Cegah pelanggaran dalam tahapan pencalonan bakal calon legislatif (Bacaleg), Bawaslu Kabupaten Banjar membuka posko aduan untuk masyarakat, Jumat (5/5/2023).

Tidak hanya di kantor bawaslu saja, posko pengaduan juga dibuka pada setiap sekretariat panwascam. Masyarakat diharapkan bisa ikut berperan dalam mengawal Pemilu yang jujur dan adil.

Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Banjar Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Hairul Falah.

”Tentu saja posko aduan ini sangat penting, karena kalau seandainya ada Bacaleg yang ternyata statusnya masih ASN, TNI-Polri atau kepala desa mendaftarkan diri, maka masyarakat bisa mengadu ke kami,” ujarnya.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Hairul mengaku, saat ini pihaknya masih belum mendapatkan akses dari KPU Kabupaten Banjar untuk mengetahui siapa saja yang mendaftar Bacaleg.

“Kalau masyarakat mengetahui dalam administrasi pencalonan ada surat-surat atau data yang tidak valid seperti ijazah, surat kesehatan atau surat dari kepolisian yang tidak absah agar bisa melaporkan nya ke Bawaslu Banjar untuk ditindaklanjuti. Namun, harapan kita mudah-mudahan hal seperti itu tidak terjadi di Kabupaten Banjar,” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Bawaslu Kabupaten Banjar sedang melakukan pengawasan terkait masalah jadwal. Artinya ingin memastikan, apakah KPU telah membuka pendaftaran sesuai dengan tanggal tahapan.

”Selain itu, kita juga melihat bagaimana kesiapan petugas-petugas di KPU Banjar dalam menerima pendaftaran. Serta, memastikan adanya help desk dari KPU untuk memberikan informasi kepada parpol terkait persyaratan-persyaratan pencalonan, itu yang kita pastikan terlebih dahulu,” pungkasnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA