Catat! Pindah Memilih Masuk DPTb Bakal Terima Surat Suara Berbeda

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Agu 2023 11:54 0 87 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pemilih yang telah mendapatkan hak pilih melalui daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 dan berada di wilayah yang berbeda, dapat mengajukan pindah memilih serta dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Namun, Komisioner Divisi Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPI) Banjarbaru, Normadina mengingatkan bahwa pemilih yang masuk dalam DPTb bakal menerima surat suara yang berbeda.

“Tentu nanti akan membedakan surat suara. Kalau misalnya beda provinsi, maka pemilih hanya menerima satu surat suara saja, yaitu surat suara calon presiden,” ujar Dina, sapaan akrabnya kepada pojokbanua.com, awal pekan tadi.

Begitu pula jika pemilih yang berasal dari kabupaten/kota berbeda, namun berada di daerah pemilihan (dapil) yang sama. Maka pemilih tersebut akan menerima surat suara lainnya, sesuai dengan dapil.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Kembali ke dapil, itu akan menentukan dia punya hak memilih di hari itu,” bebernya.

Diakui Dina, di Banjarbaru pemilih yang memiliki hak untuk pindah memilih dan dimasukkan dalam DPTb adalah pemilih yang berasal dari kalangan pegawai negeri instansi vertikal.

“Karena instansi vertikal banyak yang ditugaskan di sini, seperti teman-teman di kejaksaan maupun pengadilan,” ungkapnya.

KPU Banjarbaru sendiri memastikan, akan melakukan jemput bola kepada para pegawai negeri instansi vertikal, untuk mengurus pindah memilih dan mendapatkan formulir pindah memilih A5.

“Kami akan jemput bola dan menyampaikan untuk segera, agar jajaran instansi yang tidak terdaftar di Banjarbaru untuk bisa pindah memilih di sini,” tuntasnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA