iklan di pojokbanua

Catat 78 Kasus di Banjarbaru, Dinkes Tetapkan Status Waspada DBD

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Mar 2023 12:47 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru mencatat, hingga Februari 2023, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Banjarbaru mencapai 78 kasus. Hingga saat ini, Dinkes Banjarbaru masih menetapkan status waspada DBD.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Banjarbaru, dr. Juhai Triyanti Agustina kepada awak media, di sela kegiatan Gerakan Serentak Banjarbaru Sapu dan Punahkan Jentik Nyamuk DBD (Gertak Bapuputik) di Kantor Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru pada Senin (13/3/2023).

“Sampai dengan bulan Februari 2023, ada sekitar 78 kasus. Makanya saat ini (status) kita waspada, bukan KLB (kasus luar biasa),” ucapnya.

Juhai menggarisbawahi, bahwa status waspada ditetapkan agar tak ada lagi temuan kasus DBD baru di Kota Idaman. Ia sendiri tak menampik, Kecamatan Landasan Ulin menjadi salah satu penyumbang kasus DBD terbesar di Ibu Kota Kalimantan Selatan (Kalsel) ini.

“Karena Landasan Ulin termasuk tiga (kecamatan) kasus DBD tertinggi. Yaitu Landasan Ulin, Banjarbaru Utara dan Cempaka,” bebernya.

Kendati begitu, Juhai memastikan dari 78 kasus DBD di Banjarbaru, tak ada satupun yang dinyatakan meninggal dunia.

“Alhamdulillah, dan jangan sampai ada yang meninggal (karena DBD) di Banjarbaru,” harapnya.

Salah satu upaya yang diambil dalam menekan kasus DBD adalah dengan menggalakkan gerakan Gertak Bapuputik ini. Juhai sendiri berharap gerakan yang telah dicanangkan ini terus berlangsung melalui kegiatan Jumat Bersih.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan Jumat Bersih ini, jentik tidak ada lagi di Banjarbaru serta kasus DBD bisa menurun bahkan tak ada lagi,” tandas Juhai. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA