iklan di pojokbanua

Capaian Vaksinasi di Kabupaten Banjar belum Capai 40 Persen

waktu baca 2 menit
Jumat, 5 Nov 2021 16:14 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar hingga kini belum mencapai 40 persen. Artinya, daerah ini masuk terendah dari segi persentase dibanding daerah lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Banjar, dr Diauddin mengatakan, penyebab Kabupaten Banjar masih masuk ke dalam daerah terendah capaian vaksinasi karena jumlah penduduk yang tak sebanding lurus dengan dosis vaksin yang datang.

“Jumlah masyarakat Kabupaten Banjar sekitar 442 ribu lebih, ditambah dengan luasan wilayah yang terdiri 20 kecamatan. Meskipun berdasarkan perhitungan persentase capaian vaksinasi dianggap terendah, tapi serapan dosis vaksinasi yang disalurkan ke masyarakat selalu habis tiap harinya,” ujarnya, Jumat (5/11/2021).

Kata dia, Kabupaten Banjar jumlah masyarakatnya terbanyak ke-2 di Kalsel. Namun, dosis vaksinasi yang diterima juga terbatas.

“Jika yang kita terima 10 ribu dosis, maka pada hari itu juga kita distribusikan keseluruhan dosis tersebut. Sehingga, dosis vaksin mana lagi yang bisa kita salurkan jika habis dalam sehari,” lanjutnya.

Menurut dr Diauddin, sekarang tiap lembaga pada semua lini ikut serta berperan aktif, dalam melakukan serbuan vaksinasi ke masyarakat.

“Namun nyatanya, data masyarakat yang telah menerima vaksin dari sejumlah lembaga itu, tidak ada yang tidak masuk ke daerah wilayah kabupaten/kota yang semestinya. Makanya, data capaian vaksinasi ini tidak bisa dijadikan patokan,” ucapnya.

Adapun, strategi untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Banjar yaitu dengan cara merangkul. Koordinasi antar camat dan pembakal untuk bisa melaporkan masyarakatnya yang ingin bervaksin.

“Kita tau semua pihak bergerak aktif melaksanakan serbuan vaksin, masyarakat dari mana pun juga ikut bervaksin. Misalnya, dari masyarakat luar daerah ikut bervaksin di Kabupaten Banjar. Jadi, sekarang itu perlu pemahaman secara menyeluruh untuk capaian vaksin di Kalsel,” ungkapnya.

Ia menilai, sekarang stok vaksin mulai lumayan. “Kita sudah menghubungi seluruh camat untuk menyosialisasikan dan mendata masyarakat di setiap desa terkait vaksinasi, melalui pembakal yang menyerap aspirasi. Kita yang akan mendatangi ke desa tersebut untuk memvaksinasi,” pungkasnya. (WF/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA