iklan di pojokbanua

Capaian Indeks SPM Pendidikan Tertinggi se-Kalsel, Bupati HST Sabet Penghargaan Kemendikbudristek

waktu baca 2 menit
Jumat, 29 Mar 2024 11:02 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Aulia Oktafiandi terima penghargaan dari Kemendikbudristek RI melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalimantan Selatan (Kalsel) atas capaian Indek SPM bidang pendidikan tertinggi se-Kalsel Tahun 2024.

IMG-20240616-WA0002

Penghargaan yang diraih dengan kategori Tuntas Madya (84,57). Saat itu, diserahkan langsung oleh Kepala BPMP Kalsel, Yuli Haryanto kepada Aulia dalam acara Ekspose Rapor Pendidikan HST di Pendopo HST, Kamis (28/3/2024)

Dalam Rapor Pendidikan Indonesia, orang tua dan masyarakat dapat mempelajari secara ringkas mengenai kondisi pendidikan dalam skala nasional yang tertuang dalam sejumlah indikator.

Di antaranya, indikator kualitas pembelajaran, capaian indikator penting yang menggambarkan kondisi satuan pendidikan di seluruh jenjang, serta hasil asesmen nasional dan beberapa sumber data yang dijadikan sebagai alat ukur pendidikan yang komprehensif.

Atas hal itu, hadirlah platform Rapor Pendidikan episode merdeka belajar ke-19 sesuai Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022. Isinya berupa laporan hasil asesmen nasional dan analisa data lintas sektor untuk masing-masing satuan pendidikan dan daerah.

Rapor pendidikan mengintegrasikan berbagai data pendidikan untuk membantu satuan pendidikan, Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah mengidentifikasi capaian dan akar masalah, melakukan refleksi, serta merancang langkah-langkah pembenahan yang efektif berbasis data.

Berdasarkan hasil komparasi rapor Kabupaten HST tahun 2023 dan 2024 dapat terlihat bahwa indek SPM mengalami kenaikan dari 64 Kategori Tuntas Muda naik menjadi 84,57 Kategori Tuntas Madya.

Atas capaian itu, Aulia menyampaikan bahwa hasil penilaian ini memberikan gambaran mengenai sejauh mana pencapaian dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini.

“Hasil ini tidak hanya menjadi cerminan kinerja kita, tetapi juga sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan ke depannya,”ungkapnya

Aulia mengajak kepada seluruh komponen Pemerintah Daerah, Satuan Pendidikan dan masyarakat untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Kita perlu bekerjasama untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi dan melaksanakan tindakan yang konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan di HST,” ucapnya.

Aulia berharap, jadikan rapor pendidikan ini sebagai pijakan untuk terus bergerak maju dalam meningkatkan kualitas pendidikan di HST, dengan kerja sama dan kerja keras, pihaknya yakin dapat mewujudkan pendidikan yang lebih baik untuk masa depan yang lebih cerah bagi generasi bangsa.

“Semoga dengan penghargaan yang didapat akan memberi semangat kepada Pemerintah Daerah, pendidik, tenaga pendidik dan seluruh pihak dalam pemajuan pendidikan secara keseluruhan,” harapnya.

Terakhir, Aulia juga mengapresiasi kinerja semua pihak yang bekerja keras dalam implementasi Kurikulum Merdeka di satuan sekolah di Bumi Murakata. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA