iklan di pojokbanua

Bupati Tala: Fleksibilitas Kurikulum Merdeka Belajar Jadi Lompatan Besar

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Mei 2023 13:22 0 Bambang Setiawan

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati pada 2 Mei setiap tahunnya memiliki makna tersendiri, baik bagi para pegiat dunia pendidikan hingga pemangku kebijakan, tak terkecuali dari Bupati Tanah Laut (Tala), H. M. Sukamta.

IMG-20240616-WA0002

Usai menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hardiknas bertemakan ‘Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar’ di Halaman Kantor Bupati, pada Selasa (2/5/2023), orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang itu menyebut, fleksibilitas pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam dunia pendidikan menjadi salah satu bentuk lompatan besar bagi bangsa Indonesia dalam menjawab tantangan zaman.

“Sekarang ini, belajar bisa dilakukan tidak hanya di kampus atau sekolahan saja, di luar itu materi belajar sangat mudah ditemukan oleh para pelajar. Melalui kurikulum ini, para pendidik juga sekarang tidak lagi fokus hanya pada materi di buku saja, melainkan juga pada pembelajaran kompetensi, karakter hingga minat para pelajar,” ujar Sukamta.

Tidak hanya itu, fleksibilitas dalam kurikulum ini juga menyangkut soal bagaimana pengelolaan anggaran dalam menunjang aktivitas pembelajaran di sekolah.

“Lewat Kurikulum Merdeka Belajar, semua menjadi serba fleksibel, termasuk bagaimana penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dapat menyesuaikan,” imbuhnya.

Diharapkan, kurikulum yang dicetus oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim ini dapat terus memberi kemudahan dan fleksibilitas dalam dunia pendidikan. Sehingga, hal ini sesuai dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara dulu soal bagaimana membangun sumber daya manusia. (Diskominfo Tala/BS/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA