iklan di pojokbanua

Bupati Tala Bangga Lihat Anak Desa Sungai Jelai Lestarikan Budaya

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Jul 2022 11:07 0 Yawafie

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Bupati Tanah Laut (Tala), H. M. Sukamta bangga melihat anak-anak yang tergabung dalam Kelompok Seni Tronggo Budoyo, Desa Sungai Jelai, Kecamatan Tambang Ulang menampilkan kesenian kuda lumping, di Halaman Kantor Desa Sungai Jelai, Jumat (1/7/2022). Acara itu pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang (MTP).

Penampilan anak-anak ini mendapat sambutan dan respons positif dari orang nomor satu di Tala tersebut. Bahkan, dirinya memberi saweran kepada setiap anak yang tampil sebagai apresiasi.

“Saya bangga melihat anak-anak yang mau melestarikan budaya seperti kuda lumping ini,” ucapnya usai meninjau beberapa pelayanan yang dihadirkan pemerintah pada MTP ini.

Menurutnya, pelestarian budaya seperti ini harus tetap dipertahankan. Jangan sampai anak-anak lebih banyak mengenal budaya luar daripada budaya sendiri.

“Mempelajari budaya seperti ini dapat menjadi salah satu cara membentuk karakter kita sebagai orang Indonesia. Terlebih, bagi anak-anak generasi kita agar tidak tercabut dari akar budayanya,” imbuhnya.

Ketua Kelompok Seni Budaya Tronggo Budoyo, Mbah Sairun merasa senang bisa membuat anak didiknya tampil di hadapan para pejabat kabupaten. Kendati demikian, ia tak menyangkal jika sementara harus menggunakan peralatan yang kurang layak.

“Mudah-mudahan kegiatan anak-anak seperti ini dapat dukungan penuh dari pemerintah,” harap Hairun.

Berdiri sejak 1985, kelompok ini ternyata sudah banyak melahirkan berbagai generasi yang telah melestarikan kesenian tersebut. Bahkan, diketahui sekarang sudah berdiri cabang kelompok ini. (Diskominfo Tala/NR/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA