Bunyikan Meriam Dilarang, Jual dan Gunakan Petasan Terancam Dijerat Hukum

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Apr 2023 15:38 0 134 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA –
Polres Banjar mengimbau dan menegaskan kepada masyarakat Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar dan sekitarnya, untuk tidak membunyikan meriam, Senin (3/4/2023).

“Utamanya yang berlokasi di sepanjang bantaran Sungai Martapura untuk tidak membuat atau meledakan meriaman, baik yang terbuat dari bahan bambu, batang nyiur maupun pipa besi dengan diameter kecil hingga besar. Serta tidak membeli, menyimpan dan menggunakan karbit untuk bahan peledak, karena itu melanggar hukum,” kata Kasi Humas Polres Banjar, AKP H Suwarji.

Menurutnya, banyak bahaya yang mengintai di sekitar karena material yang digunakan dalam pembuatan mercon tersebut.

“Kami dari Polres Banjar setiap tahun sering kali memberi imbauan, agar masyarakat jangan mencoba-coba untuk memperdagangkan bahkan menyalakan mercon dengan alasan keamanan,” ungkapnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Namun, masyarakat menganggap sebuah imbauan tersebut hanya kata-kata yang tidak perlu dijalankan. Asal mendapat keuntungan dari penjualan tanpa melihat bahaya-bahaya yang timbul dari barang dagangannya.

“Kami menegaskan, siapa pun yang menjual atau menggunakan petasan bakal dijerat hukuman. Penggunaan petasan tanpa toleransi karena itu mengeluarkan ledakan,” cetusnya.

Kata dia, apabila kembang api masih diberi toleransi karena mengeluarkan api. Namun, jika sampai menimbulkan dampak yang negatif di tengah masyarakat, pelaku dapat dikenakan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

“Selain menimbulkan bahaya, kita juga dapat diancam pidana bagi penjual petasan, serta pengguna petasan,” pungkasnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA