iklan di pojokbanua

Buka-bukaan! Helmi Yahya Sebut Jadi Bupati Butuh Modal Puluhan Miliar

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Jul 2023 20:03 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, JAKARTA – Artis Helmi Yahya tiga kali kalah pada Pilkada di Sumatera Selatan (Sumsel). Menariknya, ia sangat paham penyebabnya yaitu lantaran mencoba tidak mau money politik (politik uang) demi mengurangi tindakan korupsi.

IMG-20240616-WA0002

Artis kelahiran Sumsel ini pun mengungkapkan jika perpolitikan di Indonesia berbiaya mahal. Bahkan, ia membongkar kebutuhan membeli partai pada kabupaten kecil di Indonesia mencapai Rp25 miliar sesuai penyampaian Wakil Ketua KPK. Jadi, butuh 50-60 miliar rupiah jika ingin jadi bupati, itu pun belum tentu menang.

“Saya paham betul, kenapa saya kalah. Watak masyarakat yang sebenarnya juga melakukan korupsi kecil-kecilan saat Pemilu. Watak yang tidak mau memilih orang baik, hanya karena tidak memberikannya uang saat kampaye. Anda (warga) juga yang memulai korupsi, jadi jangan komplain misalnya ada bupati yang masih banyak jalan rusaknya,” tuding Helmi pada podcast Deddy Corbuzier yang tayang, pada Rabu (19/7/2023).

Mantan Dirut TVRI ini membeberkan, apa yang disampaikan Wakil Ketua KPK yang menyebut jika kebutuhan membeli partai di kabupaten kecil di Indonesia mencapai Rp25 miliar.

“Wakil Ketua KPK itu adik kelas saya. KPK menyebut untuk kabupaten kecil saja, beli perahu habis Rp25 miliar. Itu di kabupaten kecil,” jelasnya.

Diketahui, Helmi Yahya sempat maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan tahun 2008. Selain itu, juga pernah menjadi calon bupati (Cabup) Kabupaten Ogan Ilir pada tahun 2011. Kekalahan juga kembali terjadi setelah saat Pilkada Ogan Ilir, pada 2016.

Kendati demikian, ia turut memberi alasannya bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Butuh waktu tiga bulan untuk memastikan diri terjun ke dunia partai, yakni PSI. Dia pun sempat mengajak Giri, untuk membahas hal apa yang perlu dilakukan membesarkan PSI. “Giri itu super star, saya simpati ada super star yang jobnya lagi besar, masuk ke dunia politik,” ujarnya.

Pada perbincangan dengan Deddy Corbuzier, Helmi pun sempat mengutip pernyataan tokoh Margaret Thatcher yang menyebutkan upaya serangan politik biasanya dilakukan oleh mereka yang tidak punya program diunggulkan.

“Sementara program PSI itu bagus, yakni mengurangi korupsi, anti diskriminasi sampai BPJS gratis,” kata Helmi.

Dia mengajak, Deddy Corbuzier untuk berfikir kritis dengan logika pertanyaan, apakah ada orang yang legowo mengeluarkan uang puluhan miliar untuk tidak mengembalikan modal politiknya tersebut.

“Ada gak orang dengan ikhlas lego uang sebesar itu hanya untuk bupati. Setelah terpilih, tentu berfikiran mengembalikan modal awal. Benar gak,” tanya Helmi pada Deddy Corbuzier. (KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA