Bimtek Diharapkan Tambah Wawasan Penanganan PMK pada Hewan Ternak

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Jul 2022 11:16 0 124 Yawafie

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Bupati Tanah Laut (Tala), Sukamta melalui Sekretaris Daerah (Sekda), H. Dahnial Kifli berharap, Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dapat menambah wawasan peserta.

Hal itu disampaikan saat pembukaan Bimtek PMK yang diselenggarakan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tala bertempat di Gedung Aula Distanhourbun Tala, Jumat (1/7/2022).

“Virus PMK ini dapat menyebar dengan sangat cepat dan mampu melampaui batas negara, serta dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi berupa kematian ternak. Tingginya angka penularan penyakit, adanya hambatan perdagangan, terganggunya industri, operasional pemberantasan penyakit dan gangguan terhadap aspek sosial budaya, serta keresahan di masyarakat,” kata Dahnial.

Diakui, upaya terus dilakukan pemerintah dalam menanggulangi penyebaran PMK. “Pemerintah telah melakukan komunikasi, informasi dan edukasi tentang PMK kepada masyarakat, khususnya pada peternak dan pelaku usaha peternakan, meningkatkan pengawasan lalu lintas hewan yang rentan PMK,” jelasnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Adapun, meningkatkan pengamanan kandang ternak, tempat penampungan ternak, sarana transportasi angkutan ternak, melakukan pengobatan terhadap ternak yang terindikasi PMK dan melakukan vaksinasi terhadap ternak yang sehat.

Ia mengajak selurah pihak
untuk ikut peduli dan mewaspadai bahaya PMK. Pemkab Tala bergerak cepat, karena dalam sembilan hari mendatang akan melaksanakan Hari Raya Iduladha. “Seluruh tim gugus tugas bersama pihak terkait dapat segera bekerja cepat, dan menyebarkan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” lanjutnya.

Kepala BPTP Kalsel, Muhammad Amin menambahkan, Bimtek PMK dilaksanakan dalam mengantisipasi penyebaran PMK agar bisa diatasi.

“Peserta bimtek diikuti oleh para inseminator, penyuluh peternakan dan pengawas peternakan. Total kurang lebih 75 peserta, serta menghadirkan empat narasumber dari Balai Veteriner Banjarbaru, Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, BPTP Kalsel dan Disnakeswan Tala,” tutup Amin. (Diskominfo Tala/NR/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA