iklan di pojokbanua

Besok, PPDB Online SMP di Banjarmasin Berakhir

waktu baca 2 menit
Selasa, 21 Jun 2022 18:56 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin bakal berakhir, Rabu (22/6/2022) besok.

IMG-20240616-WA0002

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Banjarmasin, Nuryadi melalui Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pembinaan SMP, Ahmad Syafii membenarkan hal tersebut.

“Saat ini, PPDB online tingkat SMP menggunakan dua jalur pendaftaran yakni prestasi dan afirmasi. Dua jalur itu, bakal berakhir besok dan dilanjutkan lagi jalur zonasi mendatang,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com, Selasa (21/6/2022).

Kata dia, jalur prestasi dibagi menjadi dua bagian, prestasi non akademik dan akademik.

“Jalur prestasi non akademik merupakan calon peserta didik yang memiliki prestasi juara tingkat kota maupun provinsi, nasional dan internasional,” ungkapnya.

Adapun, prestasi yang dihargai untuk seleksi adalah piagam tiga tahun terakhir, mulai tahun 2020 sampai 2022. Jumlah piagam yang dihargai untuk penilaian seleksi, minimal satu dan maksimal lima.

“Jalur prestasi akademik merupakan kriteria calon peserta didik yang memiliki nilai rapor pada lima semester terakhir. Dengan nilai rata-rata kumulatif per semester di atas 85 dari lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah berdomisili di Banjarmasin,” terangnya.

Syafii bilang, jalur afirmasi bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Peserta didik yang masuk melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan,” ucapnya.

Menurutnya, kuota jalur afirmasi hanya sebesar 15 persen dari jumlah kouta yang diterima. Apabila kuota jalur afirmasi masih ada tersisa, maka akan dilimpahkan ke jalur zonasi.

“Seleksi jalur afirmasi berdasarkan zonasi jarak atau radius terdekat, antara alamat KK dengan sekolah yang dipilih menggunakan aplikasi PPDB online,” jelasnya.

Calon peserta didik dapat memilih tiga pilihan sekolah, dan semua proses hasil akhir seleksi dan daftar ulang dilakukan dengan sistem online.

“Calon peserta didik menginput dan mengupload data secara online di situs aplikasi PPDB melalui laptop, PC dan smartphone atau sejenisnya. Setelah menginput data pada aplikasi, bukti hasil dicetak dan disimpan sebagai bukti telah melakukan pendaftaran,” tambahnya.

Ia berharap, PPDB online dengan jalur prestasi dan afirmasi bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala bagi para siswa maupun sekolah. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA